Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Jalan Kampung di Trenggalek Bersolek saat Lebaran

Jalan Kampung di Trenggalek Bersolek saat Lebaran
Pemandangan kampung di Trenggalek yang berhias dengan lampu di Hari Raya Idul Fitri 1442 H. (Foto: NOJ/MK)
Pemandangan kampung di Trenggalek yang berhias dengan lampu di Hari Raya Idul Fitri 1442 H. (Foto: NOJ/MK)

Trenggalek, NU Online Jatim

Idul Fitri merupakan momen istimewa bagi setiap umat muslim. Tak hanya momen bersama keluarga yang menjadi istimewa, namun pemandangan di tiap-tiap kampung pun menjadi istimewa karena ikut bersolek.

 

Seperti yang terlihat di Desa Jombok, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek. "Menghias jalanan kampung jelang Lebaran memang sudah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat Trenggalek," kata warga Desa Jombok, Parni, Senin (17/05/2021).

 

Ia menuturkan, tradisi menghias jalanan kampung ini menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Ada yang menggunakan kain, lampu kelap-kelip, lampion berbagai bentuk, dan lain sebagainya.

 

"Untuk tahun ini desa kami di Jombok menggunakan lampu kelap-kelip saja," terang Parni.

 

Dana yang digunakan untuk menghias jalan kampung berasal dari iuran desa di tiap-tiap warga desa berkumpul ketika melaksanakan arisan keliling.

 

"Dananya cukup habis banyak, sekitar lima jutaan. Tapi saya senang karena solidaritas antarwarga sangat tinggi. Semua warga mau iuran, bahkan yang merantau pun mau menyisihkan uang mereka tanpa diminta," tandasnya.

 

Menghiasi jalan kampung saat Idul Fitri bertujuan agar masyarakat tetap semangat menyambut hari kemenangan itu walau masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

 

"Karena banyak keluarga warga desa sini yang enggak bisa mudik. Jadi, semoga dengan suasana desa yang meriah dan indah ini bisa memberi semangat mereka yang dua tahun ini tidak bisa berkumpul dengan keluarganya," kata Parni.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan