Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Jalin Sinergi, Pelajar NU di Pasuruan Bakal Kembangkan Olahan Ikan

Jalin Sinergi, Pelajar NU di Pasuruan Bakal Kembangkan Olahan Ikan
Kader IPNU-IPPNU Grati, Pasuruan saat menyampaikan pengembangan olahan ikan pada Kabag Penyusunan Program dan Keuangan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol).
Kader IPNU-IPPNU Grati, Pasuruan saat menyampaikan pengembangan olahan ikan pada Kabag Penyusunan Program dan Keuangan. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol).

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Grati, Pasuruan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Selasa (07/09/2021).

 

Sekretaris PAC IPNU Grati, Nur Fathan mengatakan, kerja sama dimaksud terkait pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah Kecamatan Grati. Yaitu pengembangan olahan ikan lempuk khas Grati.

 

"Olahan yang kami buat tersebut berupa stik lempuk, karena selama ini yang ada hanyalah olahan lempuk crispy,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Fathan menyebutkan, bahwa sinergi tersebut tidak hanya akan dilakukan dengan pemerintah, tapi juga dengan sejumlah pengusaha lempuk untuk berkolaborasi dan menimba pengetahuan.

 

"Kami juga akan belajar menimba ilmu kepada pelaku usaha lempuk, agar cita rasa olahan lempuk bisa semakin sempurna," imbuh Fathan.

 

Semantara Kepala Bagian Penyusunan Program dan Keuangan Kecamatan Grati, Akhmad Syaikhu mengapresiasi langkah IPNU-IPPNU setempat tersebut. Menurutnya, ide tersebut sangat bagus, bahkan sangat singkron dengan Strategi Layanan Ekonomi Maslahat atau Satrya Emas yang dicanangkan Pemkab Pasuruan.

 

"Dua progam tersebut bagus dan memiliki tujuan yang sama. Mari kita sinergikan antara progam IPNU-IPPNU dan program pemerintah ini," ujarnya.

 

Syaikhu menambahkan, kader NU juga berkewajiban mengambangkan potensi di daerahnya masing-masing seperti yangn dilakukan IPNU-IPPNU Grati. Ia berharap, pengembangan UMKM tersebut tidak hanya dilakukan di Kecamatan Grati tapi juga di daerah lain.

 

"Semoga ini bisa menjadi contoh bagi kader IPNU-IPPNU yang lain dalam melakukan pengembangan potensi UMKM di daerah masing-masing,” pungkasnya.

 

Penulis: Mokh Faisol

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Promosi