Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Jelang HUT TNI Makam Gus Dur Selalu jadi Sasaran Ziarah, Mengapa?

Jelang HUT TNI Makam Gus Dur Selalu jadi Sasaran Ziarah, Mengapa?
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksda TNI Heru Kusmanto saat ziarah ke makam Gus Dur, Rabu (23/ 09/ 2020). (Foto : NOJ/ Istimewa).
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksda TNI Heru Kusmanto saat ziarah ke makam Gus Dur, Rabu (23/ 09/ 2020). (Foto : NOJ/ Istimewa).

Jombang, NU Online Jatim

Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Setiap tahun menjelang peringatan HUT TNI selalu ada rangkaian ziarah yang dilaksanakan rombongan prajurit penjaga keamanan negara tersebut ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di komplek pemakaman Ponpes Tebuireng Jombang.

 

Seperti yang dilakukan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksda TNI Heru Kusmanto bersama rombongan, Rabu (23/ 09/ 2020). Pada kesempatan tersebut, Laksda TNI Heru Kusmanto melakukan ziarah ke makam Gus Dur dalam rangka jelang peringatan HUT TNI ke-75 tahun.

 

Adapun rombongan Laksda TNI Heru Kusmanto tiba di Ponpes Tebuireng sekitar pukul 07.30 WIB. Keddatangan rombongan disambut oleh pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin).

 

Dalam rombongan tersebut, turut hadir Laksda TNI Edwin, SH. M.Han (Danpus Penerbal), Kolonel Pnb M. Somin (Danlanud Muljono/Surabaya), Brigjen TNI Tjaturputra Gunadi G (Kasdiv 2 Kostrad), Brigadir Jenderal TNI (Mar) Purwadi, (Kasgartap III/Surabaya), Kolonel Inf. Muhammad Dariyanto (Komandan Korem 082/CPYJ Mojokerto).

 

Selain itu ada juga Letkol Inf Triyono (Dandim 0814/Jombang). Tidak hanya itu, hadir pula sejumlah pejabat lain seperti Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, dan Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho.

 

Rangkaian kegiatan ziarah nasional ini diawali dengan penghormatan kepada arwah Pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga oleh Pangkoarmada II, pembacaan doa, penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan dan tabur bunga di pusara.

 

“Rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT ke-75 TNI salah satunya ziarah ke makam Pahlawan. Untuk itu, kita ke Jombang ini dalam rangka melaksanakan ziarah ke salah satu tokoh dan sekaligus mantan presiden RI ke-4, KH. Abdurrahman Wahid” kata Laksda TNI Heru Kusmanto.

 

Lebih lanjut Laksda Heru menyampaikan, kegiatan ziarah ini diharapkan bisa mengenang jasa Gus Dur sebagai mantan pimpinan tertinggi di tubuh TNI. selain itu, prajurit TNI diharapkan bisa meneladani perjuangan Gus Dur untuk bangsa dan negara.

 

“Semoga prajurit-prajurit TNI yang sekarang ini mengabdi bisa mengenang jasa-jasa beliau dan juga melanjutkan apa yang beliau cita-citakan serta perjuangkan. Sehingga kami, prajurit TNI yang akan memperingati HUT-75 bisa mengabdikan diri lebih baik, lebih optimal demi bangsa dan Negara yang kita cintai. Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem, Dandim, Kapolres, Bupati dan pengurus Ponpes Tebu Ireng Jombang yang telah membantu dalam pelaksanaan ziarah, sehingga acara ini bisa terselenggaranya dengan khidmat dan lancar,” pungkas Laksda Heru.

 

Sementara itu Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Dariyanto mengatakan, ziarah ke makam Gus Dur menjelang HUT TNI sebenarnya sudah menjadi tradisi di lingkungan TNI. “Kegiatan ziarah ke makam mantan Presiden dan pahlawan nasional yang dilaksanakan setiap menjelang HUT TNI ini sudah menjadi tradisi di lingkungan TNI, untuk tahun ini dikarenakan situasi pandemi Covid-19 maka acara ziarah ke makam Gus Dur ditunjuk Pangkoarmada II sebagai Irup,” ujar Danrem.

 

Editor : Romza

Iklan Hari Santri