Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Jelang Ramadlan, BMTNU Bantu Renovasi Mushala di Sumenep

Jelang Ramadlan, BMTNU Bantu Renovasi Mushala di Sumenep
Kepala BMTNU Cabang Pragaan saat memberikan dana bantuan secara simbolis kepada takmir Mushala. (Foto: NOJ/ Firdausi).
Kepala BMTNU Cabang Pragaan saat memberikan dana bantuan secara simbolis kepada takmir Mushala. (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Cabang Pragaan, Kabupaten Sumenep menyalurkan bantuan untuk renovasi Mushala Al-Hikmah di Dusun Malakah, Desa Jaddung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Selasa (06/04/2021).

 

Moh Afif menyatakan bahwa bantuan Rp 2 juta sudah diberikan kepada ketua takmir. Dana tersebut berasal dari dana maal yang dikelola oleh BMT NU melalui penghimpunan dana wakaf uang tunai berupa voucher akhirat.

 

"Kami akan terus melakukan penghimpunan dana wakaf dan infaq guna membantu lembaga pendidikan, tempat ibadah, dan masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan kami," ujar Kepala BMT NU Cabang Pragaan tersebut.

 

Di kesempatan yang berbeda, Ustadz Syarif Hidayatullah menjelaskan bahwa pembongkaran sudah dilakukan pada tanggal 1 Sya'ban. Sebagian puing-puing bangunan atau bekas reruntuhan bangunan diperhalus atau diolah agar bisa dijadikan bahan bangunan baru, yaitu pasir atau serassak.

 

Pengurus takmir mushalla Al-Hikmah tersebut menegaskan bahwa yang selama ini terlibat dalam proses renovasi adalah wali santri, santri, dan masyarakat. Mereka rela berjibaku mengaduk bahan bangunan, menurunkan genting, menyusun bata dan lainnya. "Jadi, tukangnya adalah wali santri dan masyarakat sekitar," imbuhnya.

 

Pria yang juga Sekretaris NU Care - LAZISNU Pragaan ini mengutarakan bahwa dana yang dikeluarkan oleh para donatur tidak cukup. Sehingga wali santri dan santri rela berjemur dan kehujanan untuk mencari amal kepada para dermawan.

 

 

"Kami target bulan Ramadlan sudah selesai walaupun tidak 100 persen. Karena mushala tersebut akan dijadikan pusat kegiatan keagamaan di Dusun Malakah. Seperti shalat tarawih, tadarus Qur'an, pengajian kitab, dan ceramah agama. Insyaallah bulan Syawal kami lanjutkan untuk perbaikan teras masjid," pungkasnya.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim