• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Pantura

Jelang Ramadlan, Kader NU di Bojonegoro Gelar Pelatihan Videografi

Jelang Ramadlan, Kader NU di Bojonegoro Gelar Pelatihan Videografi
Kelas desain video yang diadakan IPNU-IPPNU SMP NU Model Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. (Foto: NOJ/MA)
Kelas desain video yang diadakan IPNU-IPPNU SMP NU Model Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. (Foto: NOJ/MA)

Bojonegoro, NU Online Jatim
Menjelang bulan puasa atau Ramadlan biasanya banyak konten-konten islami dari kelompok Wahabi yang bertebaran di media sosial. Yang tak jarang berlawanan dengan Islam Ahlussunnah wal Jama'ah. 

 

Berkaca pada kejadian seperti itu, elemen NU dari Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdhlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdhlatul Ulama (IPPNU) Sekolah Menengah Pertama (SMP) NU Model Sumberejo, Jumat (26/03/2021) menggelar pelatihan editing video. 


Rizal Baitullah ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini digelar pertama kali di tingkat SMP se-Bojonegoro. 


“Kegiatan ini sangat membantu dalam hal pencerahan dan pengembangan bakat dan minat siswa," kata Rizal Baitullah.

 

Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00 dan berlangsung dua hari pada Kamis hingga Jumat (25-26/03/2021).


“Setiap peserta akan diwajibkan membuat video/konten untuk diunggah di akun media sosial SMP NU Model," tambahnya

 

Rizal menerangkan pada bahwa setiap video yang diunggah di media sosial akan dikompetisikan. 

 

“Bagi konten terbaik sesuai kriteria akan memperoleh penghargaan dari penyelenggara. Kegiatan kompetisi diselenggarakan selama sebulan sampai tanggal 15 Ramadlan dan pemenang akan diumumkan saat kegiatan pesantren Ramadlan. Semoga ke depan bisa lebih baik,” harapnya.

 

Sementara itu, Ahsanul Amilin Kepala Sekolah SMP NU Model  mengungkapkan, jika kegiatan ini  merupakan dakwah dan bertujuan membentengi amaliah Ahlussunnah wal Jama'ah an-Nahdliyah yang selama ini sering dianggap sesat dan dibid'ahkan.

 

Ahsanul Amilin yang ikut mendampingi kegiatan tersebut menambahkan bahwa upaya itu juga bagian dari jihad sebagaimana amanah KH Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jatim agar elemen masyarakat NU, khususnya pelajar menyingsingkan baju untuk jihad di media sosial. 


“Selain dari itu agar pelajar IPNU dan IPPNU terbiasa menjadi produsen konten yang santun bukan menjadi konsumen konten kurang menuntun,” pungkas Ahsanul Amilin yang juga mantan Ketua Tim Instruktur Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bojonegoro tersebut.

 

Penulis: Miftahul Amin

Editor: Risma Shavira


Pantura Terbaru