Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Jelang Ramadlan, LAZISNU di Sidoarjo Bedah Rumah Ibadah

Jelang Ramadlan, LAZISNU di Sidoarjo Bedah Rumah Ibadah
Proses penyaluran bantuan untuk bedah rumah ibadah yang dilakukan UPZIS NU Care-LAZISNU Bajarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar).
Proses penyaluran bantuan untuk bedah rumah ibadah yang dilakukan UPZIS NU Care-LAZISNU Bajarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Guna meningkatkan sarana dan prasarana mushala, Lembaga Amil Zakat  Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Banjarsari Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo melaksanakan ‘Program Bedah Rumah Ibadah’. Program ini merupakan salah satu dari empat pilar LAZISNU yakni bidang pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi dan kebencanaan.  

 

Ketua Ranting NU Banjarsari, M Nidhomuddin menyampaikan, rumah ibadah di beberapa tempat seringkali berfungsi ganda. "Selain sebagai rumah ibadah dan taqarrub  kepada Allah SWT, mushala juga sering digunakan sebagai sarana aktivitas sosial dan pendidikan yang senafas dengan pemahaman agama itu sendiri," kata Nidhomuddin.

 

Sementara Patriono, Wakil Ketua Unit Pengelola Zakat Infaq Shadaqah (UPZIS) NUCare-LAZISNU Desa Banjarsari mengatakan, ‘Program Bedah Rumah Ibadah’ juga hadir sebagai solusi guna membantu merenovasi rumah ibadah yang mengalami kerusakan atau butuh perbaikan. "Bantuan yang digulirkan untuk renovasi bangunan sarana ibadah berupa bantuan 20 sak semen," ungkapnya.

 

Pada penyaluran program  NU Care-LAZISNU kali ini terfokus pada 2 mushala. Yakni Mushala Darussalam di Dusun Cari RT 9 RW 3 dan Mushala Fadlu Ilah di Dusun Beji RT 8 RW 2 Desa Banjarsari.

 

"Alhamdulillah, hari ini kami berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Bapak Sukarman dan Bapak Syafa'at, selaku panitia pembangunan dua musholla tersebut," tambah Pariono.

 

Diharapkan, melalui program tersebut warga Desa Banjarsari dapat meningkatkan kualitas ibadah dan kerukunan dalam pengamalan pemahaman beragama. Sehingga semakin terpelihara amaliyah Ahlussunnah wal Jama'ah serta bersama-sama menyemarakkan kegiatan keagamaan dan pendidikan di Desa Banjarsari.

 

 

"Pada intinya kami hanya menyalurkan donasi dari para donatur kaleng UPZIS NUCare-LAZISNU Desa Banjarsari untuk rehab bangunan mushala. Mohon doa juga dalam waktu dekat juga akan kami tasharufkan bantuan sembako, tas sekolah dan biaya pendidikan untuk 31 yatim piatu," pungkas Patriono.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim