Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Jika Tokoh NU Diteror, Pagar Nusa Blitar sudah Siap Turun sesuai Instruksi

Jika Tokoh NU Diteror, Pagar Nusa Blitar sudah Siap Turun sesuai Instruksi
Ketua PC Pagar Nusa Kota Blitar, Ahmad Ta'ib. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani).
Ketua PC Pagar Nusa Kota Blitar, Ahmad Ta'ib. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani).

Blitar, NU Online Jatim

Sempat ramai diperbincangkan terkait  isu rencana serangan terduga teroris terhadap tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Menanggapi hal itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa Kota Blitar Ahmad Ta'ib meminta semua pihak tidak perlu terlalu reaktif.

 

Menurutnya, isu itu perlu dibuktikan kebenarannya. Dalam artian tidak secara langsung isu yang beredar ditanggapi secara reaktif karena Pagar Nusa merupakan Badan Otonom (Banom) NU maka harus mengikuti garis komando dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) masing-masing.

 

"Pada dasarnya Pagar Nusa adalah  salah satu banom NU, maka jajaran Pagar Nusa pada semua tingkatan harus mengikuti apa yang menjadi garis komando pada PCNU masing-masing," ungkap Gus Ata', sapaan akrabnya, Jum'at (09/04/2021).

 

Ia menjelaskan, untuk memastikan kebenaran isu yang beredar perlu menunggu instruksi dari pimpinan pada masing-masing tingkatan. Mulai dari pusat hingga daerah. Jika memang dinyatakan adanya kemungkaran, maka Pagar Nusa sebagai pagarnya NU dan bangsa harus ikut terjun dalam mengamankan, tentunya dengan instruksi resmi dari pimpinan.

 

Sementara itu, jika memang nanti ada instruksi untuk mengamankan beberapa tempat yang menjadi ancaman dari para teroris kepada tokoh-tokoh NU atau Ulama, serta kiai NU maka Pagar Nusa siap mengerahkan personil untuk mengamankan.

 

"Pagar Nusa sebagai pagarnya NU dan bangsa akan siap untuk melaksanakan amanah dari pimpinan untuk menjaga keamanan dengan mengerahkan personil dan berusaha semampu kita. Tentunya kita juga tidak berjalan sendirian, karena masih ada saudara kita yaitu Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang harus bersinergi," jelas Gus Ata'.

 

Ia mengimbau kepada seluruh anggota Pagar Nusa dan nahdliyin berkaitan dengan isu yang berkembang agar tidak mengambil sikap sendiri. Sebab, secara organisasi memang berjenjang yang dinaungi oleh NU. Sehingga untuk langkah apapun harus menunggu dan mengikuti garis komando dari organisasi induk.

 

 

"Jangan mudah termakan isu, termakan dengan berita-berita yang belum jelas kebenarannya. Kita serahkan kebenarannya untuk menjadi keputusan pada kepengurusan pada masing-masing tingkatan," pungkas Gus Ata’.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim