Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

JQHNU Jatim Sukses Gelar MTQ Piala Kapolda secara Virtual

JQHNU Jatim Sukses Gelar MTQ Piala Kapolda secara Virtual
Kapolda Jatim saat membuka MTQ. (Foto: NOJ/BaQ)
Kapolda Jatim saat membuka MTQ. (Foto: NOJ/BaQ)

Bangkalan, NU Online Jatim

Meski dilingkupi perasan khawatir lantaran masih merebaknya virus Corona, namun pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kapolda Jatim Cup berjalan sesuai harapan.

 

Kegiatan yang diprakarsai Pimpinan Wilayah (PW) Jamiyatul Qurra wal Huffadl Nahdlatul Ulama (JQHNU) Jawa Timur tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Al- Hamidiyah Bangkalan. Acara yang berlangsung sejak Sabtu hingga Selasa (09-12/01 2021) tersebut dipungkasi dengan diumumkannya sejumlah juara.

 

“Musabaqah ini diikuti seluruh perwakilan Pimpinan Cabang JQHNU se Jawa Timur yang terdiri dari 156 peserta dari 39 kabupaten maupun kota di Jawa Timur,” kata H Musyafak Ali, Selasa (12/01/2021).

 

Menurut ketua panitia pelaksana tersebut, peserta MTQ ini dinilai dewan juri dan dipilih sebanyak 3 juara utama dan 3 juara harapan.

 

Terdapat 2 kategori lomba di antaranya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kategori dewasa putra dan putri serta Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 30 Juz kategori dewasa putra dan putri.

 

Juara MTQ kategori dewasa putra diraih oleh delegasi PC Pamekasan atas nama Abdul Majid. Kemudian dilanjut juara 2 diraih  Muhammad Fatihul Jalil dari Nganjuk dan juara 3 Ahmad Nasrullah, kontingen dari Lamongan.

 

“Sedangkan MTQ kategori dewasa putri juara 1 diraih Siti Hindun dari Lumajang disusul juara 2 Hanif Makrifat dari Madiun dan juara 3 oleh Lailatul Mubarakah peserta dari Gresik,” jelasnya.

 

Selanjutnya diumumkan pemenang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 30 juz putra putri. Juara 1 putra disematkan kepada Imajuddin yang merupakan delegasi tuan rumah yakni Bangkalan. Kemudian juara 2 Fikrul Islam (PC JQH Gresik) dan juara 3 dari Sidoarjo atas nama Ahmad Najih.

 

MHQ 30 juz kategori dewasa putri juara 1 diraih Sheila Hasina kontingen dari Kota Kediri. “Juara 2 adalah Sawabila rfana dari Gresik, serta Uswatun Hasanah dari Pamekasan sebagai juara tiga.

 

Pengumuman tersebut sekaligus menutup rangkaian acara Kapolda Cup Jawa Timur yang diisi sambutan oleh Irjen Pol Nico Afinta.

 

 “Acara ini merupakan penyemangat dan syiar dan salah satu tujuan dilaksanakannya untuk membudayakan al-Quran di masyarakat,” tuturnya.

 

Kapolda Jatim tersebut menyampaikan akan senantiasa menjalin komunikasi dengan PW JQHNU Jatim dalam menjaga keamanan dan ketertiban seluruh masyarakat. Sehingga tercipta kehidupan yang sejuk, serta damai dan aman.

 

“Agenda seperti ini dapat menjadi stimulan dan penghayaatan serta pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Dan ini masih ada beberapa lomba yang akan dilaksanaan ke depan,” ungkapnya.

 

Di akhir sambutannya, Irjen Nico mengucapkan selamat kepada para pemenang.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim