Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

JQHNU Sumenep Bimbing Puluhan Peserta MTQ Jatim ke-29

JQHNU Sumenep Bimbing Puluhan Peserta MTQ Jatim ke-29
Kiai Syafaat (batik putih), Ketua JQH NU Sumenep, saat memberikan bimbingan pada peserta MTQ Jatim ke-29. (Foto: NOJ/ Firdausi).
Kiai Syafaat (batik putih), Ketua JQH NU Sumenep, saat memberikan bimbingan pada peserta MTQ Jatim ke-29. (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) mengadakan bimbingan dan pembinaan peserta yang hendak diutus dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Jawa Timur ke-29. Kegiatan dipusatkan di aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Rabu (08/09/2021).

 

Ketua JQH NU Sumenep, Kiai Syafaat mengutarakan, bahwa kegiatan hari ini merupakan pembinaan awal pada masing-masing peserta. Sedikitnya ada 42 peserta yang akan menjadi delegasi kabupaten di ujung timur pulau Madura ini, yang tersebar di beberapa cabang lomba tilawah.

 

“Untuk cabang tilawah ada tingkat anak-anak (putra-putri), remaja (putra-putri), dan dewasa (putra-putri). Ada juga cabang Qiraat Sab'ah (putra-putri) dan lain sebagainya,” tuturnya.

 

Dirinya menegaskan, pemilihan peserta ditunjuk langsung oleh para dewan hakim MTQ Jawa Timur dengan melalui proses seleksi ketat sebelumnya.

 

“Kebetulan pembina MTQ Jawa Timur berstatus pengurus JQHNU Jatim. Wajar jika mereka mendapat binaan dari kami yang memang sengaja ditempatkan di sini (Kantor PCNU). Mereka akan terus kami matangkan sebelum mengikuti lomba,” terangnya.

 

Tidak hanya itu, peserta yang mendapatkan surat mandat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep juga akan diberi bimbingan dan pembinaan. Secara bergantian pihaknya akan membimbing bersama pengurus JQHNU Sumenep lainnya.

 

“Peserta yang menjalani pembinaan tidak hanya dari lembaga sekolah dan perguruan tinggi, tapi juga dari kalangan pesantren. Kami berharap peserta benar-benar serius mengikuti pembinaan hingga nantinya bisa mengharumkan Sumenep dan NU,” tandasnya.

 

 

Diketahui, perhelatan MTQ Jawa Timur tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 02-11 November 2021 mendatang. Kali ini, Kabupaten Pamekasan didapuk sebagai tuan rumah ajang dua tahunan tersebut.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Promosi