• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Tapal Kuda

Juara, Kader IPNU Pasuruan Ini Jago Cloud Computing

Juara, Kader IPNU Pasuruan Ini Jago Cloud Computing
Afrizal Arif Maulana Kader IPNU di Pasuruan juara cloud computing. (Foto: NOJ/MK)
Afrizal Arif Maulana Kader IPNU di Pasuruan juara cloud computing. (Foto: NOJ/MK)

Pasuruan, NU Online Jatim

Cloud computing merupakan teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Penerapan komputasi awan saat ini sudah dilakukan oleh sejumlah perusahaan IT terkemuka di dunia.

 

Afrizal Alif Maulana meraih juara gara-gara jago mengaplikasikan cloud computing itu. ia merupakan angota Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Desa Kepulungan, Kecamatn Gempol, Kabupaten Pasuruan dan  siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Purwosari.

 

Prestasi diperoleh Afrizal dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan SMKN 1 Sukorejo, kabupaten Pasuruan. Ia terpilih sebagai juara dua dalam bidang Lomba Cloud Computing tingkat Wilayah Kerja (Wilker) II.

 

"saya saja kaget tiba-tiba ditunjuk ikut LKS, bahkan syarat dan ketentuannya tidak tahu harus bagaimana, karena yang daftarkan guru saya," kata Afrizal kepada NU Online Jatim, Selasa (06/04/2021).

 

Sebagai persiapan, ia mengaku berlatih komputer setiap hari di sekolah dengan pendampingan dari guru jurusan komputer dan trainer cloud computing. latihan itu ia lakukan setiap hari selama tiga minggu.

 

Lomba berlangsung selama tiga hari, yakni pada 8-10 Maret 2021 di SMK 1 Sukorejo. Selama tiga hari itu ia diharuskan membuat database, web, dan server. Nantinya server itu akan saling berhubungan. Selanjutnya web yang dibuat dihubungkan dengan server tersebut.

 

"Saat hari H (pelaksanaan lomba) saya blunder, namun saya tetap tenang, jika goyah enggak tahu akan seperti apa. Selain itu saat istirahat saya juga konsultasi degan guru saya dan pas lomba berikutnya, alhamdulillah, lancar kembali," tandasnya.

 

"Alhamdulillah saat pengumuman ternyata saya menjadi juara dua. Saya tentu terkejut dan senang, namun juga berat karena juara satu, dua, dan tiga akan melanjutkan lomba ke tingkat provinsi setelah hari raya nanti," ujar Afrizal.

 

Ia berharap prestasi ini tidak berhenti di tahun ini saja, namun ada keberlanjutan bahkan perkembangan di tahun yang akan datang.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru