Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kader IPNU di Bondowoso Diajak Tingkatkan Kemampuan Literasi

Kader IPNU di Bondowoso Diajak Tingkatkan Kemampuan Literasi
Seminar kepenulisan oleh PC IPNU Bondowoso. (Foto: NOJ/Ade N)
Seminar kepenulisan oleh PC IPNU Bondowoso. (Foto: NOJ/Ade N)

Bondowoso, NU Online Jatim

Budaya literasi di kalangan pelajar harus terus ditingkatkan. Hal tersebut juga memberikan manfaat lebih agar mereka bisa lebih selektif dalam bermedia sosial.

 

Semangat ini yang mengemuka dari Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Bondowoso yang mengadakan seminar kepenulisan, Rabu (24/02/2021). Kegiatan juga dalam rangka memperingati ulang tahun ke-67 IPNU.

 

“Dilaksanakannya seminar kepenulisan pada acara harlah IPNU ini adalah untuk meningkatkan kekayaan literasi dan menguatkan filtrasi terhadap berita di media sosial,” kata Ketua PC IPNU Bondowoso, Moch Abdul Rizal.

 

Menurutnya, seminar ini sangat cocok dengan tema nasional harlah IPNU yakni transformasi pelajar untuk peradaban bangsa.

 

"Seminar ini singkron dengen tema nasional yakni tentang kepenulisan," katanya.

 

Dalam pandanganya, di era teknologi ini generasi muda NU khususnya kader IPNU harus mampu memfilter setiap informasi atau berita yang beredar. Lebih-lebih kader IPNU yang notabenenya adalah seorang pelajar harus memahami dunia kepenulisan.

 

"Para kader IPNU harus mengetahui dunia kepenulisan, agar tidak menelan mentah-mentah setiap berita yang beredar," ucapnya.

 

Rizal berharap usai seminar ini para kader mampu menerapkan ilmu yang disampaikan oleh pemateri terkait tulis-menulis. “Demikian pula lebih semangat untuk mengasah bakat di dunia jurnalistik,” harapnya.

 

Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bondowoso, H Mas'ud Ali mengapresiasi terselenggaranya kagiatan ini.

 

“Seminar yang diadakan sangat bermanfaat terhadap generasi muda di era digital ini,” katanya.

 

Di tengah-tengah gejolak pemberitaan di media massa para kader IPNU harus bisa menjaga diri, menjaga hati dan jangan sampai terprovokasi.

 

"Para kader IPNU jangan sampai terprovokasi, apalagi kalian para santri, pewaris ajaran para kiai, bukan belajar dari media ataupun youtube," pintanya.

 

Seminar kepenulisan yang dipandu Bahrullah, wartawan Suara Indonesia dan Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Bondowoso, Andiono Putra.

 

Kegiatan dilaksanakan di Pesantren Pelajar Islam (PPI) Nurul Burhan, Badean, Bondowoso.

 

Editor: Syaifullah


Editor:
F1 PWNU Jatim