Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kader IPNU-IPPNU di Sumenep Dibekali Pengetahuan Jurnalistik

Kader IPNU-IPPNU di Sumenep Dibekali Pengetahuan Jurnalistik
Sekolah Jurnalistik yang diadakan PAC IPNU-IPPNU Bluto, Kabupaten Sumenep. (Foto: NOJ/ Abdul Warits).
Sekolah Jurnalistik yang diadakan PAC IPNU-IPPNU Bluto, Kabupaten Sumenep. (Foto: NOJ/ Abdul Warits).

Sumenep, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bluto Kabupaten Sumenep mengadakan kegiatan Sekolah Jurnalistik. Kegiatan tersebut dipusatkan di gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Bluto Sumenep selama dua hari sejak Kamis (09/09/2021) hingga Jum’at (10/09/2021).

 

Wakil Ketua 1 Bidang Kaderisasi PC IPNU Sumenep, Jalaluddin mengapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya, pengetahuan tentang jurnalistik merupakan kebutuhan kader IPNU-IPPNU setempat.

 

“Harus diakui memang kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan PAC setempat. Mengingat kader di Kecamatan Bluto ini selama ini memang dikenal dengan literasinya,” ungkap Jalal.

 

Jalal menambahkan, kegiatan jurnalistik ini hanya bentuk formal saja. Hal lain yang lebih penting dilakukan follow up seusai kegiatan. Hal tersebut agar pengetahuan di bidang tulis menulis yang telah dipelajari tidak hilang begitu saja.

 

“Karena dari follow up tersebut pelatihan ini akan maksimal dan menjadi pintu awal bagi kader untuk berkarya,” ujarnya.

 

Sementara Ketua PAC IPNU Bluto, Moh Nasa'ie mengatakan, kegiatan ini murni atas inisiatif kader IPNU-IPPNU Bluto, utamanya yang membidangi Lembaga Pers dan Penerbitan.

 

“Kegiatan ini murni dari kesadaran kami yang membutuhkan pelatihan jurnalistik untuk menunjang kapasitas kader di bidang literasi dan penguasaan media," tuturnya.

 

Ia menambahkan, pengetahuan soal tulis menulis memiliki manfaat yang sangat luas. Karena bisa dijadikan bahan dalam penelitian objek ilmiah yang dapat ditekuni di masa kini dan masa depan.

 

“Jika di masa lalu jurnalistik dikenal sebagai keterampilan menulis, berbicara dan ilmu publikasi, maka di masa saat ini menjadi bagian dari cara berkomunikasi,” jelasnya.

 

Sebagai kader pelajar NU, lanjut Nasa’ie, sudah saatnya mengakrabkan diri dengan dunia jurnalistik. Hal ini sebagai bagian dari melanjutkan perjuangan muassis NU dalam menyampaikan syiar-syiar keislaman. Selain itu, juga untuk menangkal peredaran informasi hoaks yang banyak bertebaran.

 

“Informasi hoaks tersebut harus kita lawan dengan konten-konten positif dari kader muda NU, khususnya pelajar NU dengan semangatnya yang masih segar,” sebutnya.

 

Ia menuturkan, kegiatan tersebut diikuti 33 kader pelajar NU Bluto yang tersebar di tingkat kepengurusan PAC dan Pimpinan Komisariat (PK). Ia berharap, out put yang dihasilkan dari pelatihan tersebut berjalan sesuai harapan.

 

 

“Semoga pelatihan berjalan maksimal dan bermanfaat bagi semuanya, utamanya bagi kepengurusan IPNU-IPPNU Bluto,” pungkasnya.

 

Penulis: Abdul Warits

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim