• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

Kader IPNU Kabupaten Probolinggo Sukses Budi Daya Jamur di Usia Muda

Kader IPNU Kabupaten Probolinggo Sukses Budi Daya Jamur di Usia Muda
Syaiful dan budidaya jamurnya. (Foto: NOJ/SN)
Syaiful dan budidaya jamurnya. (Foto: NOJ/SN)

Probolinggo, NU Online Jatim

'Yang muda yang berkarya' kalimat yang tepat untuk menggambarkan sosok Syaiful Rizal, yang masih berusia 22 tahun namun telah sukses menjadi pengusaha jamur.

Syaiful Rizal, Wakil Sekretaris II Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Probolinggo tersebut menuturkan bahwa dalam berbudi daya jamur tidaklah terlalu sulit. Hanya perlu niat dan semangat yang tinggi.

 

"Yang paling penting dan utama adalah harus mempunyai niat serta semangat yang tinggi terlebih dahulu," katanya, Senin (11/01/2021).


Dirinya mengatakan, bahwa motivasi utama memilih budi daya jamur adalah karena keterbatasan lahan di wilayahnya.

 

"Motivasi saya  berawal dari keterbatasan lahan dalam bertani. Karena memang saya tidak punya ladang untuk bercocok tanam, maka dari itu saya memanfaatkan lahan seadanya," tuturnya.

 

Budi daya jamur yang diberi nama 'Kampung Jamur Kerpangan' itu saat ini telah memiliki tujuh karyawan dengan berbagai tugas.



"Alhamdulillah sekarang juga sudah ada tujuh karyawan. Satu orang fokus di pengadukan, empat orang fokus di packing media, dan dua orang fokus di packing jamurnya. Nantinya kami akan menambah lagi khusus untuk mengelola olahan jamur dan marketing," jelas Syaiful, sapaan akrabnya.



Selain fokus menggeluti bisnis jamur tersebut, dirinya juga aktif di berbagai organisasi dan pendidikannya.

"Namun, sesibuk apapun bisnis ini, saya tetap memprioritaskan pendidikan di kampus dan berproses di organisasi, khususnya di PC IPNU Kabupaten Probolinggo," pungkasnya.

 

 

Penulis: Siti Nurhaliza

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru