Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kader IPNU Terpilih sebagai Ketua KNPI Sumenep

Kader IPNU Terpilih sebagai Ketua KNPI Sumenep
Syaiful Harir (berdiri) terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Sumenep. (Foto: NOJ/IA)
Syaiful Harir (berdiri) terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Sumenep. (Foto: NOJ/IA)

Sumenep, NU Online Jatim

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sumenep periode 2011-2013, Syaiful Harir, terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sumenep Periode 2021-2023. Ia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-VII DPD KNPI Sumenep pada Rabu (21/04/2021).

 

Pria yang akrab disapa Ayink ini semula tidak menyangka dirinya akan terpilih secara aklamasi untuk mengemban amanah yang tidak mudah sebagai Ketua DPD KNPI Kabupaten Sumenep. Namun, karena sudah dipercaya, dirinya berkomitmen untuk menjalankan tanggungjawab tersebut secara bersama.

 

"Terima kasih yang sebesar-besarnya telah mempercayakan kepemimpinan DPD KNPI Sumenep kepada saya. Saya berkomitmen untuk jalankan amanah ini secara bersama-sama. Sebab, saya terpilih secara aklamasi bukan berarti serta-merta tanggungjawab saya pribadi," ujarnya Ayink

 

Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Guluk-Guluk Sumenep ini juga menyampaikan sekilas program kerja strategis yang akan dijadikan prioritas ke depannya. Pertama, kata Ayink, ialah pengembangan kapasitas kelembagaan. Di antaranya dengan pembentukan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) se Kabupaten Sumenep.

 

Kedua, yaitu pengembangan jaringan, baik internal maupun eksternal. Itu mejadi syarat utama dalam memajukan KNPI ke depannya.

 

Untuk mewujudkan itu, Ayink mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan dukungan seluruh elemen di KNPI, terutama organisasi kepemudaan yang berada di bawah naungan KNPI. "Memajukan KNPI juga membutuhkan jaringan yang kuat dengan berbagai stakeholder. Termasuk dalam hal ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumenep," imbuhnya.

 

Pengurus Bidang Kaderisasi Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Timur Zainollah menyambut gembira atas terpilihnya Syaiful Harir sebagai Ketua DPD KNPI Sumenep. Selain karena sebagai representasi kader IPNU, ia mengenal  Syaiful memiliki jiwa sosial yang tinggi.

 

"Saya mengenal rekan Syaiful Harir ini memiliki loyalitas dan perjuangan yang tinggi terhadap organisasi kepemudaan. Beliau adalah representasi Kader IPNU. Beliau juga memiliki jiwa sosial yang kuat, sehingga mudah diterima semua kalangan,” tandas mantan Ketua PC IPNU Sumenep itu.

 

Penulis: Ibnu Abbas

Editor: Nur Faishal

Iklan promosi NU Online Jatim