Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kader Muda NU Tulungagung Raih Doktor Cumlaude, Ini Kiatnya

Kader Muda NU Tulungagung Raih Doktor Cumlaude, Ini Kiatnya
Mohammad Da’i Robbi. (Foto: NOJ/PH)
Mohammad Da’i Robbi. (Foto: NOJ/PH)

Tulungagung, NU Online Jatim

Kader muda Nahdlatul Ulama asal Kabupaten Tulungagung, Mohammad Da’i Robbi, berhasil meraih gelar doktor dengan nilai sangat memuaskan (cumlaude) setelah mengikuti ujian terbuka promosi doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Rahmatullah Tulungagung yang dilaksanakan secara online pada Senin (26/07/2021).

 

Da’i lulus dengan nilai 3,8. Ia berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji yang berjudul Falsifikasi Tafsir Jihad Sayyid Qutub dalam Konteks Indonesia. Ia mengatakan tema yang ia suguhkan dalam disertasi berangkat dari rasa kepeduliannya terhadap kemanusiaan dan kehidupan bangsa.

 

"Alhamdulillah, sudah lega. Setelah menjalani proses selama tiga tahun, akhirnya lulus," ungkap Da'i kepada NU Online Jatim.

 

Da’i mengatakan, keberhasilannya dalam melaksanakan ujian tersebut berkat doa dan restu dari orang tua dan para guru. Karena itu pria 29 tahun itu berterima kasih kepada orang tua dan para gurunya yang dengan ikhlas dan sabar membimbing selama menuntut ilmu.

 

Da’i lantas berbagi kiat khusus ketika mengikuti ujian terbuka secara online. Menurutnya, hal pertama yang dilakukan ialah menyiapkan peralatan yang bagus, seperti ponsel yang prima dan jaringan internet yang lancar. Tempat selama ujian juga dipilih yang nyaman. Tentu saja kondisi tubuh harus disiapkan secara prima.

 

Menurutnya, persiapan yang bagus di luar materi ujian itu perlu karena berpengaruh pada penguasaan materi yang harus dipertahankan di hadapan penguji. Bila peralatan dan kondisi tubuh tidak prima, bisa saja materi yang sudah dikuasai bisa buyar.

 

Katib Syuriyah PCNU Tulungagung KH Bagus Ahmadi bangga atas pencapaian aktivis muda NU tersebut. Ia berpesan agar Da’i memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan umat.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9