Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kartu Lumajang Mengaji Diluncurkan, Apa Fungsinya?

Kartu Lumajang Mengaji Diluncurkan, Apa Fungsinya?
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (tengah) saat memegang Kartu Lumajang Mengaji. (Foto: ist).
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (tengah) saat memegang Kartu Lumajang Mengaji. (Foto: ist).

Lumajang, NU Online Jatim

Sebanyak 6.200 Kartu Lumajang Mengaji resmi diluncurkan. Kartu tersebut diberikan secara khusus kepada para guru ngaji di wilayah Kabupaten Lumajang.

 

Ribuan Kartu Lumajang Mengaji tersebut diluncurkan Bupati Lumajang Thoriqul Haq didampingi Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (04/03/2021).

 

"Kartu Lumajang Mengaji tersebut memiliki fungsi seperti Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan nantinya akan langsung ada tambahan saldo sebesar Rp100.000 untuk setiap bulannya," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq seperti dilansir antaranews.com.

 

Pria yang akrab disapa Cak Thoriq ini menjelaskan, hal tersebut baru tahap awal dan yang akan dilakukan pemerataannya terlebih dahulu. Supaya seluruh guru mengaji di Lumajang bisa mendapatkan kartu tersebut. Sebab, hingga saat ini sudah 6.200 guru mengaji yang terdaftar sebagai penerima kartu.

 

Selain sebagai identitas para guru mengaji, kartu tersebut juga dapat berfungsi sebagai alat untuk transaksi dalam menyalurkan honor kepada mereka, dengan harapan akan dapat tercipta rasa aman, nyaman, dan transparan dalam penyaluran honor tersebut.

 

"Kami berkeinginan untuk menambah jumlah guru ngaji yang mendapatkan insentif dan nanti akan diberi Kartu Lumajang Mengaji," ungkap Cak Thoriq.

 

Menurutnya, Kartu Lumajang Mengaji itu bentuk perhatian dan penghormatan pemerintah kepada guru mengaji karena mereka banyak memberi manfaat bagi masyarakat.

 

 

Peluncruan Kartu Lumajang Mengaji ini merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan Bank Jatim. Dimana Bank sebagai penyedia Kartu Lumajang Mengaji. Adapun pembagian Kartu Lumajang Mengaji akan dilakukan di setiap kecamatan. Supaya pembagian kartu bisa merata dan sesuai dengan data yang disiapkan Pemkab Lumajang.

Iklan promosi NU Online Jatim