• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Malang Raya

Kawasan Batu Diterjang Banjir Bandang, Warga Hendaknya Waspada

Kawasan Batu Diterjang Banjir Bandang, Warga Hendaknya Waspada
Salah satu sudut di Kota Batu yang sedang dilanda banjir. (Foto: NOJ/OKz)
Salah satu sudut di Kota Batu yang sedang dilanda banjir. (Foto: NOJ/OKz)

Surabaya, NU Online Jatim
Warga mendapatkan kiriman video bahwa di kawasan Kota Batu tengah terjadi banjir bandang. Kawasan yang diterjang musibah adalah Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (04/11).


Di beberapa video yang beredar terlihat banjir bandang akibat curah hujan tinggi yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

 

Selain video, juga beredar di WAG, foto yang memperlihatkan beberapa material lumpur, batu, kayu, dan sebagainya menerjang rumah warga.

 

“Saat ini tim Pusat Pengendalian Operasi atau Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu tengah berada lokasi untuk melakukan pendataan,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

 

Disampaikan bahwa karena masih dalam pendataan, dirinya belum dapat memberikan infoirmasi yang lebih detail.

 

“Untuk info selanjutnya akan kita update setelah ada laporan dari tim di lapangan,” katanya singkat.
Kalau warga memperhatikan, dalam video yang beredar di sejumlah grup WA, disampaikan akibat banjir bandang juga ada beberapa warga yang mengalami luka-luka.

 

Banjir bandang tersebut, juga dikabarkan ada beberapa desa di Kecamatan Bumiaji terdampak.
Memang banyak versi dari video yang beredar. Namun sepertinya semua sama yakni banjir menerjang jalanan hingga rumah penduduk. Tak hanya itu, volume air juga cukup deras hingga menutupi jalanan.


"Banjir bandang di Kota Batu, hujan deras di Kota Batu Bulukerto, rumah hanyut," kata salah seorang warga dalam video yang beredar.

 

Sebelumnya, BMKG mengeluarkan rilis agar masyarakat selalu waspada karena ada potensi hujan lebat disertai angin dan kilat beberapa hari ini.


Editor:

Malang Raya Terbaru