Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ke Madura? Tak Perlu Pamer Toyota Alphard, Percuma!

Ke Madura? Tak Perlu Pamer Toyota Alphard, Percuma!
Tidak perlu terlalu percaya diri saat mengendarai mobil mewah ke Madura. (Foto: NOJ/GRi)
Tidak perlu terlalu percaya diri saat mengendarai mobil mewah ke Madura. (Foto: NOJ/GRi)

Warga Madura memiliki keunikan yang demikian khas. Kelebihan yang dimiliki, selalu menarik diperbincangkan. Dan ‘aneh’nya, kalaupun itu terkesan merendahkan, mereka enjoy saja. Termasuk dalam soal mobil, yang penting yakin.

 

Saat baru menginjakkan kaki di kawasan Madura, orang sudah akan merasakan sejumlah perbedaan dengan kota sebelahnya, yakni Surabaya. Kendaraan plat kuning meski berjenis mini bus, bahkan dengan bak terbuka sekalipun dinamakan dengan taksi. Keren kan?

 

Dan bila membawa mobil keluaran terbaru sekali pun, jangan terlalu berbangga diri. Alih-alih akan disanjung dengan beragam kalimat pujian, yang didapat justru pertanyaan di luar perkiraan.

 

Hal tersebut –kembali- dialami sopir almaghfurlah KH A Hasyim Muzadi, mas Hanif.

 

Kali ini terkait komentar warga Madura terhadap mobil yang ditumpangi Kiai Hasyim kala itu yakni Toyota Alphard disamakan dengan Isuzu Elf. 

 

Kisah diketahui dari cuitan akun @NU_bersatu di jejaring Twitter. Pada unggahan tersebut juga disertai gambar mobil Toyota Alphard dan Isuzu ELF.

 

Diceritakan bahwa kejadian dialami tahun 2005 silam saat Kiai Hasyim masih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Waktu itu ada undangan pengajian di salah satu daerah di Madura.

 

"Saat pengajian berlangsung, Hanif (sopir Kiai Hasyim Muzadi ) melihat ada orang mengitari mobil itu," cuit @NU_bersatu.

 

Melihat ada orang yang mengitari mobil tersebut, mas Hanif pun langsung keluar dan bertanya kenapa orang itu terus mengitari mobil.

 

Mas Hanif: Ada apa, kak?

Orang Madura: Ini ELF tahun berapa ya? Kok, bagus? 

 

Makanya, ada saran. Kalau ke Madura, tidak perlu menyewa atau membawa Toyota Alphard, cukup Isuzu ELF saja. Dekremmah taretan?

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9