Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kemenag Jatim Apresiasi Model Khutbah Nikah Penghulu Viral di Malang

Kemenag Jatim Apresiasi Model Khutbah Nikah Penghulu Viral di Malang
Kasi Pembinaan KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Jatim Farmadi Hasyim. (Foto: NOJ)
Kasi Pembinaan KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Jatim Farmadi Hasyim. (Foto: NOJ)

Surabaya, NU Online Jatim

Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur mengapresiasi model khutbah nikah yang dilakukan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Lowokwaru, Kota Malang, KH M Anas Fauzie, yang memasukkan unsur joke-joke. Video dirinya saat khutbah nikah itu kini viral di media sosial.

 

Enggak ada masalah. Justru bagi saya calon manten enggak tegang. Sementara ini manten itu, meskipun orang pintar dan doktor sekali pun, saat di depan orang banyak mau nikah pasti grogi. Hebat menurut saya Kepala KUA-nya yang khutbah itu,” kata Kasi Pembinaan KUA dan Keluarga Sakinah, Farmadi Hasyim, dihubungi NU Online Jatim, Selasa (31/08/2021).

 

Farmadi menambahkan, Kiai Anas Fauzie memiliki kemampuan melakukan khutbah nikah dengan model santai dan bercanda seperti itu karena dia memang seorang penceramah. Seorang penceramah sudah tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam berkomunikasi dengan orang banyak.

 

Menurut Ketua PW LDNU Jatim itu menjelaskan, berbeda dengan khutbah shalat Jumat, khutbah nikah tidak ada rukunnya. Karena boleh disampaikan dengan cara bercanda. Yang penting materi khutbahnya sesuai dengan pesan-pesan dan bimbingan yang baik dalam pernikahan.

 

“Contohnya (pesan Kiai Anas kepada calon pengantin) ucapan ‘ingin kaya?’. Yang saya ambil dari pesan itu, nanti calon pengantin ketika sudah menikah jangan tinggalkan ibu. Itu, kan, pesan yang ditangkap. Sebenarnya sama materinya, cuma pola yang disampaikan mereka (Kiai Anas Fauzie) beda (dengan yang lain). Nah, saya lebih senang seperti itu,” ujar Farmadi.

 

Menurutnya, pola dan model khutbah nikah yang dilakukan Kiai Anas Fauzie patut ditiru oleh penghulu lain.

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 Promosi