• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 April 2024

Metropolis

Kenalkan IPNU dan IPPNU di Waduk Gondang Sugio Lamongan

Kenalkan IPNU dan IPPNU di Waduk Gondang Sugio Lamongan
Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) Corb Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) di Waduk Gondan Sugio, Lamongan. (Foto: NU Jatim Online/M Ilham Yazid Bustomi)
Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) Corb Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) di Waduk Gondan Sugio, Lamongan. (Foto: NU Jatim Online/M Ilham Yazid Bustomi)

Lamongan, NU Online Jatim
Tempat wisata tidak semata sarana rekreasi dan tempat untuk bersantai. Di lokasi yang kerap menjadi jujugan masyarakat tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan salah satu badan otonom NU yakni Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

 

Hal tersebut seperti dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan yang menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) Corb Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) di destinasi wisata Waduk Gondang Sugio. Kegiatan berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (29/11) hingga Ahad (1/12).

 

Ketua PAC IPPNU Kecamatan Sekaran, Dewi Purnama Sari mengatakan bahwa ikhtiar tersebut dilakukan agar keberadaan CBP IPNU dan KPP IPPNU diketahui masyarakat, khususnya mereka yang sedang berlibur. Apalagi di tempat seperti itu pengunjungnya lebih beragam dari berbagai kota.

 

“Kegiatan di kawasan Waduk Gondang Sugio ini sengaja dipilih untuk mengenalkan CBP KPP kepada pengunjung yang sering masuk berwisata,” katanya, Rabu (4/12).

 

Menurutnya, sejumlah pertimbangan mengemuka saat panitia menentukan lokasi pelatihan. Salah satu yang dijadikan ukuran adalah lantaran lokasi kerap dikunjungi sejumlah pelancong dari berbagai kota.

 

"Di tempat wisata ini banyak orang dari berbagai daerah, dan kita mempunyai kesempatan untuk mengenalkan CBP KPP kepada mereka," ungkap Dewi.
 

Hingga saat ini diklat yang diselenggarakan PAC IPNU-IPPNU setempat telah memasuki angkatan kelima. Buah dari pendidikan tersebut dapat dirasakan dengan lahirnya sejumlah kader yang memiliki militansi tinggi.

 

“Para alumni Diklatama tidak dapat diragukan lagi militansinya. Terdapat sejumlah nama pembina yang terlahir di CBP-KPP dan kiprah mereka hingga di tingkatan kepengurusan cabang,” jelas dia.

 

Dalam pandangannya, berbagai keberhasilan tersebut menjadi pelecut agar kaderisasi selalu dilakukan sebagai aset organisasi. Karena dari mereka, masa depan IPNU-IPPNU dipertaruhkan.

 

Hal tersebut menjadi cambuk dan semangat kita untuk tetap melanjutkan fokus kaderirasi," tegasnya. 

 

Selain itu Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Babat, Wiwin Setyowati mengajak kepada seluruh peserta yakni calon CBP KPP untuk terus semangat dalam mengikuti kegiatan, 

 

“CBP-KPP sangat dibutuhkan di lingkungan ini karena dengan demikian diharapkan ke depannya nanti muncul kader yang mempunyai mental disiplin tinggi dan peka terhadap kondisi sosial kemasyarakatan, serta mempunyai wawasan kebangsaan,” urainya.

 

Diklatama ini sebagai ajang pembelajaran dengan tujuan mampu membentuk karakter kader dan menumbuhkan jiwa korsa lebih baik lagi. 

 

“Apalagi selama  pelatihan banyak ilmu yang disampaikan instruktur dan tentunya bermanfaat untuk bekal di masa yang akan datang,” pungkasnya.

 

Kontributor: M Ilham Yazid Bustomi
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru