• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Pendidikan

Unusa Kenalkan Program Perkuliahan ke Pesantren Nazhatut Thullab Sampang

Unusa Kenalkan Program Perkuliahan ke Pesantren Nazhatut Thullab Sampang
Pertemuan Unusa dengan Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Prajjan, Camplong, Sampang. (Foto: NOJ/humas)
Pertemuan Unusa dengan Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Prajjan, Camplong, Sampang. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mempromosikan Communitas Basse Learning (CBL) ke Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Prajjan, Camplong, Sampang.

 

Rektor Unusa Prof Achmad Jazidie menjelaskan, Unusa telah mempersiapkan sejak lama metode pembelajaran di perguruan tinggi dengan metode blended learning. Metode ini disiapkan antara lain untuk pelaksanan program perkuliahan berbasis komunitas. "Jadi komunitas di sini itu merupakan warga Pondok Pesantren maupun orang yang ada di sekitar pondok pesantren," ungkapnya, Kamis (27/05/2021).

 

Jazidie menjelaskan melalui program CBL, masyarakat pondok pesantren tidak perlu jauh-jauh ke kampus Unusa. "Nantinya dosen Unusa yang akan datang ke pondok pesantren tersebut jadi pembelajaran tetap di Ponpes," ungkapnya.

 

Akan tetapi mahasiswa akan ke kampus Unusa saat menjalani praktik di laboratorium. "Jadi mahasiswa CBL maupun reguler ini akan memiliki kemampuan di laboratorium sama dengan mahasiswa reguler lainnya," ucap Jazidie.

 

Untuk mendukung pembelajaran CBL ini, Unusa sudah menyiapkan platform tersendiri. "Nantinya sama dengan mahasiswa Reguler menggunakan E-Sorogan," ucapnya.

 

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Prajjan, Camplong, Sampang KH Muhammad bin Mu’afi menyambut baik langkah tawaran Unusa yang akab membuat CBL di pesantren ini.

 

"Ini bagus, sebagai upaya membangun sumber daya manusia yang dapat membangun Madura, dan bangsa lebih baik lagi," ucapnya. 


Pendidikan Terbaru