Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kenyang Organisasi, Alumni Pesantren Tambakberas Nakhodai NU di Sidoarjo

Kenyang Organisasi, Alumni Pesantren Tambakberas Nakhodai NU di Sidoarjo
Machfudzil Asror, Ketua PRNU Banjarkemantren, Buduran, Sidoarjo masa khidmat 2021-2026. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Machfudzil Asror, Ketua PRNU Banjarkemantren, Buduran, Sidoarjo masa khidmat 2021-2026. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Banjarkemantren, Buduran, Sidoarjo masa khidmat 2021-2026 resmi dilantik. Kegiatan dipusatkan di Masjid Baiturrohim desa setempat, Rabu (22/09/2021). Segenap pengurus mengikuti prosesi pengambilan sumpah yang dipandu oleh pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Buduran.

 

Pengurus PRNU Banjarkemantren periode ini hampir dipenuhi dengan santri dan kaum muda lintas profesi dan disiplin ilmu. Salah satunya adalah Ketua PRNU Banjarkemantren Machfudzil Asror, yang merupakan alumni Pesantren Assa’idiyah Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang.

 

Machfudzil Asror mengatakan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi organisasi bersama dengan badan otonom (banom) dan lembaga. Hal itu dilakukan melalui kegiatan rutinan Lailatul Ijtima’ untuk menjalin komunikasi di internal pengurus.

 

“Kami juga akan mencoba memulihkan ekonomi warga NU setelah adanya pandemi dengan mendorong Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) agar semakin maksimal melakukan sosialisasi, penghimpunan, dan pendistribusian dana melalui kaleng Koin NU Peduli,” kata Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) tersebut.

 

Lulusan pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya itu menambahkan, gerakan LAZISNU di Ranting Banjarkemantren saat ini cukup bagus, rutinitas program juga berjalan, seperti santunan anak yatim, penggali makam, dan guru ngaji.

 

Sementara program-program PRNU Banjarkemantren di kepengurusan sebelumnya juga sudah berjalan baik. Namun sumber daya manusia (SDM)-nya masih terbatas dan membuat pelaksanaan program belum maksimal.

 

“Alhamdulillah, di kepengurusan ini diisi oleh banyak kaum muda yang heterogen dengan tetap melibatkan generasi tua. Sehingga dengan kolaborasi ini diharapkan program-program yang bermanfaat bagi ummat bisa tercapai,” pungkasnya.

 

Diketahui, Machfudzil merupakan sosok yang kenyang organisasi. Banyak pengalaman organisasi yang pernah diikuti Machfudzil, di antaranya Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Buduran (2012-2014) dan Bendahara Pimpinan Cabang (PC) IPNU Sidoarjo (2014-2016).

 

Selanjutnya, pria berusia 35 tahun ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Buduran (2016-2018), kemudian menjadi Sekretaris Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Banjarkemantren (2018-2020).

 

Pada acara yang menerapkan protokol kesehatan ketat tersebut juga dilakukan pelantikan pengurus Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU Banjarkemantren. Hadir dalam acara tersebut pengurus MWCNU Buduran, Kepala Desa Banjarkemantren, jajaran PRNU setempat beserta lembaga dan banom, serta undangan lainnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Bank Jatim