• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

Keren, IPNU-IPPNU di Jember Bikin Taman Membaca

Keren, IPNU-IPPNU di Jember Bikin Taman Membaca
Bocah-bocah membaca buku di taman baca bikinan PAC IPNU-IPPNU Tanggul, Kabupaten Jember. (Foto: NOJ/MH)
Bocah-bocah membaca buku di taman baca bikinan PAC IPNU-IPPNU Tanggul, Kabupaten Jember. (Foto: NOJ/MH)

Jember, NU Online Jatim

Budaya membaca di Indonesia makin hari kian rendah. Berdasarkan indeks nasional, tingkat minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,01. Sedangkan rata-data indeks tingkat membaca di negara-negara maju berkisar antara 0,45 hingga 0,62. Padahal, membaca sangatlah penting di dalam kehidupan, salah satunya dapat meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM).

 

Hal inilah yang menjadi motivasi Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, membuat kegiatan taman membaca, Minggu (14/03/2021). Kegiatan kali ini bertempat di Alun-Alun Tanggul, Kecamatan Jember.

 

"Kegiatan ini kami adakan untuk meningkatkan budaya baca para remaja yang sekarang sudah minim dilakukan. Padahal, membaca buku itu lebih banyak manfaatnya dari pada membaca di internet atau lain sebagainya. Karena menurut saya, buku itu adalah segalanya, sumber ilmu pengetahuan," kata Koordinator Departemen Dakwah PAC IPNU Tanggul, Muhammad Yordan Fitroni.

Ia menjelaskan, salah satu tujuan diadakan taman baca ini ialah untuk memberikan kesempatan kepada anak atau remaja untuk mendapatkan edukasi yang berkualitas. Ke depan, taman membaca itu akan diadakan keliling di tempat-tempat yang strategis, bahkan juga ke pelosok desa yang minim literasi.

 

"Taman baca ini tempatnya akan berkeliling ke tempat yang strategis dan pelosok desa, agar semua kalangan bisa menikmati manfaat dari literasi," ujar Yordan.

 

Sementara, Ketua PAC IPNU Tanggul, Mughan Faroid, berharap dengan adanya program taman membaca yang dikelola Departemen Dakwah itu bisa menjadi inspirasi bagi umat terkait pentingnya membaca di dalam kehidupan.

 

"Semoga ini menjadi inspirasi bagi umat terkait pentingnya membaca, teruslah semangat dan bermanfaat untuk umat," katanya.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru