• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Pantura

Kerja Sama LP Ma’arif Bojonegoro dengan BPJS Ketenagakerjaan Semakin Kuat

Kerja Sama LP Ma’arif Bojonegoro dengan BPJS Ketenagakerjaan Semakin Kuat
Saat pencairan santunan kematian untuk peserta BPJS dibawah naungan PC LP Ma'arif NU Bojonegoro. (Foto: NOJ/ Luluk).
Saat pencairan santunan kematian untuk peserta BPJS dibawah naungan PC LP Ma'arif NU Bojonegoro. (Foto: NOJ/ Luluk).

Bojonegoro, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Bojonegoro bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kota setempat. Kini, kerja sama dalam bentuk program BPJS Ketenagakerjaan bagi madrasah atau sekolah dibawah naungan PC LP Ma'arif NU Bojonegoro tersebut mulai ditindaklanjuti.

 

Menurut keterangan Mariyadi, Sekretaris PC LP Ma'arif NU Bojonegoro, kegiatan tersebut merupakan program nasional yang sebelumnya telah diadakan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Pengurus Wilayah (PW) LP Ma'arif NU Jawa Timur dan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur.

 

"Untuk wilayah Jawa timur, diawali dengan adanya MoU PW Ma’arif Jatim bersama BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jatim. Kemudian diikuti beberapa Kabupaten/ Kota se-Jatim, termasuk PC LP Ma'arif NU Bojonegoro yang melakukan MoU bersama BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Bojonegoro pada 19 Agustus lalu," katanya, Sabtu (12/12/2020).

 

Dengan adanya MoU tersebut, Maryadi menjelaskan, ada empat program jaminan sosial ketenagakerjaan yang telah ditentukan. Diantaranya, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), serta Jaminan Kematian (JKm). Dari keempat program itu sendiri, yang diikuti sampai saat ini ada 2 Program. Yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

 

"Empat program itu, yang diikuti dua program, JKK dan JKm. Kemudian dari dua program tersebut, iuran yang dikeluarkan sebesar Rp 10.800 perbulan/ peserta," tuturnya.

 

 

Lebih lanjut, Mariyadi mengatakan, PC LP Ma'arif NU Bojonegoro terus menindaklanjuti program tersebut melalui sosialisasi ke Majelis Wakil Cabang (MWC) LP Ma'arif (tingkat kecamatan). Target dari BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri adalah memberikan perlindungan bagi pekerja, termasuk di dalamnya pendidik dan tenaga kependidikan. 

 

"Di PC LP Ma'arif NU Bojonegoro kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini tergolong baru. Dalam bulan November lalu, ada dua orang yang meninggal dunia, yang masing-masing menerima santunan kematian sebesar Rp 42.000.000," pungkas Maryadi.

 

Dengan realisasi program ini semakin memperkuat kerja sama antara LP Ma'arif NU Bojonegoro dengan BPJS Ketenagakerjaan.

 

Penulis: Luluk Ni'matul Rohmah

Editor: Romza


Editor:

Pantura Terbaru