Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kesetaraan Gender Jadi Topik Hangat Talkshow IPNU IPPNU Probolinggo

Kesetaraan Gender Jadi Topik Hangat Talkshow IPNU IPPNU Probolinggo
Kholida Ulfi Mubaroka (kanan) saat memberikan materi. (Foto: NOJ/SN)
Kholida Ulfi Mubaroka (kanan) saat memberikan materi. (Foto: NOJ/SN)

Probolinggo, NU Online Jatim

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kabupaten Probolinggo gelar talkshow dan seminar di aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Selasa (02/03/2021).

 

Acara yang dihadiri oleh sekitar 60 orang dari IPNU dan IPPNU ini berjalan dengan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebelum acara seminar dan talkshow dimulai, acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Yunus. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syubbanul Wathon, dan mars IPNU IPPNU.

 

Syaiful Rizal, selaku ketua PC IPNU IPPNU mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiai giat yang dilakukan oleh panitia.

 

"Saya sangat mengapresiasi kepada segenap panitia, karena sudah menyempatkan tenaga, waktu dan pikirannya dalam mensukseskan acara ini," katanya.

 

Acara ini mengangkat tema 'Penguatan Ideologi dan Organisasi Serta Peran Perempuan terhadap Pembangunan Perspektif Gender', menarik antusias peserta menghadiri acara tersebut, karena meskipun hujan, aula tetap full dengan semua peserta.

 

H Moh Khusnu Milad, Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan bahwa dirinya senang sekali menjadi pemateri ini. Karena selain bisa mengingat perjuangannya di IPNU, baik dari tingkat cabang, wilayah, hingga pusat.

 

"Saya senang sekali dapat hadir di tengah-tengah kader IPNU IPPNU, karena bisa mengenang perjuangan saat aktif di IPNU sekaligus berbagi pengalaman," terangnya.

 

Kemudian, Kholida Ulfi Mubaroka, Narasumber Kiswah Female TV9 yang menjadi pemateri kedua juga banyak menyampaikan pemaparan tentang kesetaraan gender. Hal ini membuat semua peserta kembali bersemangat setelah mendengarkan mata demi kata yang disampaikannya.

 

"Sebe­narnya kese­taran gen­der sudah ada sejak dulu, tetapi tan­pa dis­adari banyak perem­puan yang memainkan per­an gan­da (dou­ble role). Perem­puan men­jalankan dua per­an sekali­gus, sebagai ibu rumah tang­ga dan wani­ta karir. Den­gan kesi­bukan yang padat hal terse­but mem­pen­garuhi emosi ter­hadap anak. Keja­di­an seper­ti ini yang selalu dirugikan adalah perempuan," jelas Ulfi.

 

Penulis: Siti Nurhaliza

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim