Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ketahuilah, Doa Orang Sakit seperti Malaikat

Ketahuilah, Doa Orang Sakit seperti Malaikat
Dianjurkan meminta doa kepada orang sakit. (Foto: Ade NW)
Dianjurkan meminta doa kepada orang sakit. (Foto: Ade NW)

Saat ini tidak terhitung sahabat, keluarga dan kerabat yang tengah menjalani proses penyembuhan dari sakit yang diderita. Ada yang tidak dapat dikunjungi lantaran dalam masa karantina akibat positif terserang Covid-19, namun tidak sedikit yang sakit biasa.

 

Kepada mereka yang tengah dilanda sakit, tidak masalah melakukan kunjungan. Keperluannya memberi semangat kepada yang bersangkutan agar segera sembuh, juga memintakan doa. Apakah bisa?

 

Sekadar diketahui, Rasulullah SAW setelah shalat Jumat memiliki kebiasaan membesuk orang sakit. Dalam banyak literatur sejarah dikisahkan bahwa Nabi tidak hanya mengunjungi orang muslim, juga kerap mengunjungi non-muslim yang sedang terkena musibah. 

 

Sikap ini perlu ditiru dan diteladani dalam rangka memupuk tali persaudaraan antarsesama manusia. Di samping menjalin keakraban, mengunjungi orang sakit juga memiliki hikmah dan manfaat bagi orang yang membesuk. Manfaat ini mungkin sering kali dilupakan oleh banyak orang. Acap kali ketika bertemu orang sakit kita mendoakan mereka agar lekas sembuh. Namun, kita lupa meminta mereka untuk mendoakan diri kita. Padahal doa orang sakit sama dengan doa malaikat.

 

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Azkar seraya mengutip hadits dari Umar ibn Khatab sebagai berikut: 


عن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا دخلت على مريض فمره فليدع لك، فإن دعاءه كدعاء الملائكة 

 

Artinya: Umar bin Khatab berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: Bila kamu mengunjungi orang sakit, mintalah ia untuk mendoakanmu, karena sesungguhnya doa mereka sama dengan doa malaikat. (HR Ibn Majah dan lainnya). 

 

Artikel diambil dariAnjuran Minta Doa kepada Orang Sakit

 

Hadits yang dikutip Imam Nawawi ini menunjukkan bahwa selain mendoakan saudara dan teman yang sakit, seharusnya kita juga minta didoakan sebab doa mereka hampir sama dengan doa malaikat. Orang yang sedang sakit biasanya mereka lebih ingat kepada Allah dan sering berdzikir kepada-Nya. Dirinya seakan-akan bersih dari dosa lantaran seringnya berdzkir seperti halnya para malaikat. Orang yang dirinya bersih dosa biasanya permohonannya lebih didengar oleh Allah SWT. 

 

Maka dari itu, sering-seringlah mengunjungi orang sakit dan jangan lupa minta mereka agar mendoakan kita. Akan tetapi dengan memperhatikan keadaan yang bersangkutan, serta dipertimbangkan agar tidak tertular sakit yang tengah diderita.

 

Wallahu a’lam. 
 


Editor:
F1 Promosi