Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ketua Ansor Jatim: 1 Oktober Juga Hari Kesaktian Banser

Ketua Ansor Jatim: 1 Oktober Juga Hari Kesaktian Banser
Gus Syafiq Syauqi, Ketua PW GP Ansor Jawa Timur
Gus Syafiq Syauqi, Ketua PW GP Ansor Jawa Timur

Mojokerto, NU Online Jatim

Hari Kesaktian Pancasila selalu diperingati setiap pada tanggal 01 Oktober. Hal itu dilakukan agar masyarakat memahami sejarah bangsa dan bagaimana Pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan negara.

 

Di tanggal 01-02 Oktober ini, Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur melaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) pertama di masa periode 2019-2023 ini, sengaja dilaksanakan pada awal bulan ini dan di bumi majapahit. “Semangat Majapahit ada di sini. Menumbuhkan kebesaran Ansor untuk menguasai segala medan, lini dan nusantara,” kata Gus Syafiq di pembukaan Rakerwil yang dilaksanakan di Grand Wish Hotel, Trawas Mojokerto (01/10).

 

Selain itu, Gus Syafiq menyinggung waktu pelaksanaan yang bertepatan pada 01 Oktober. Menurut Gus Syafiq Hari Kesaktian Pancasila ini sebenarnya hari kesaktian banser. “Kenapa karena Banserlah yang mempertahankan Pancasila dari rong-rong komunisme,” jelas Gus Syafiq.

 

Pancasila menjadi dasar negara dan menjadi perekat untuk berbagai suku, adat, agama dan tradisi yang ada di nusantara ini. Pancasila menjadi kekuatan berdirinya NKRI. Banser hadir dan berkomitmen akan terus menjaga NKRI dengen selogan NKRI harga mati.

 

Masih Gus Syafiq, NKRI ini harus dimaknai sebagai wadah ibarat gelas yang terisi air, airnya adalah beradaban, airnya adalah kita semua. Jika gelas ini pecah maka isinya akan ambyar dan airnya bisa meluber kemana-mana. “Maka dari itu, wadah ini tidak boleh pecah sehingga peran banser untuk menjaganya dan peran rijalul ansor untuk mengisi dengan penguatan akidah ahlussunah wal jamaah,” terang Gus Syafiq.

 

Di bawah komando Gus Irsyad Kasatkorwil Banser Jawa Timur dan Gus Amak Ketua Rijalul Ansor Jawa Timur, Ansor memiliki peran penting menjaga NKRI dan Pancasila. “Ansor sudah lengkap tinggal kita membangun sinergi dan satu komando agar ansor terus melejit serta berkontribusi untuk bangsa ini,” lanjut mantan Ketua PC Ansor Tuban ini.

 

Untuk mencapai itu semua, Gus Syafiq berkomitmen terus memperkuat barisan internal dengan konsolidasi organisasi. Meski dalam masa Pandemi Covid-19 ini, konsolidasi organisasi terus dijalankan secara virtual. “Penguatan komunitas digital ini sangat dibutuhkan, sehingga seluruh instruksi kader bisa tetap berjalan secar virtual,” pungkasnya. 

Iklan promosi NU Online Jatim