• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Madura

Ketua Ansor Pamekasan Ajak Tingkatkan Kemandirian Organisasi

Ketua Ansor Pamekasan Ajak Tingkatkan Kemandirian Organisasi
Ketua PC GP Ansor Pamekasan, Syafiuddin. (Foto: NOJ/Syarofi)
Ketua PC GP Ansor Pamekasan, Syafiuddin. (Foto: NOJ/Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim

Pengurus Pimpinan Anak cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pakong periode 2020-2022 resmi dilantik di Yayasan Al-Mukhlisin Desa Seddur, Pakong, Pamekasan, Ahad (14/02/2021). 

 

Dalam kesempatan yang sama, pengurus ranting GP Ansor se-Kecamatan Pakong juga dilantik langsung oleh Ketua PC GP Ansor Pamekasan, Syafiuddin.

 

Syafiuddin mengajak seluruh kader Ansor Banser Pakong agar semakin meningkatkan kemandirian organisasi sebagaimana yang telah dilakukan oleh PAC yang lain. 

 

"Saya haramkan kader Ansor ketika akan menggelar kegiatan minta proposal, karena kader Ansor itu harus menjadi penentu nasib bukan peminta nasib," kata Syafi'.

 

Wakil ketua DPRD Pamekasan itu, akan terus menggelorakan ikhtiar dalam memandirikan organisasi.

 

"Tahun ini program pemerintah daerah telah banyak yang diluncurkan seperti pembangunan rumah tidak layak huni, pembentukan sepuluh ribu wirausaha baru di Pamekasan. Maka Ansor harus bergerak cepat," tegasnya. 

 

KH Zainul Waqud, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pakong menitipkan dua hal kepada pengurus Ansor yang telah dilantik. Pertama, besarkan NU melaui kiprah di Ansor sebab NU bukan organisasi yang main-main tetapi organisasi ini didirikan oleh para wali Allah yang sama sekali tidak mengedepankan ide, tetapi melalui tirakat lahir batin.

 

"Kedua, Ansor sebagai pemuda harus menjadi pilar dalam menjaga kedaulatan NKRI sebab dalam sejarah, Ansor ikut andil dalam merebut kemerdekaan," ucapnya. 

 

Dalam kesempatan itu, Kiai Zainul mengapresiasi Ansor Pakong yang telah melakukan kegiatan pelantikan tanpa melakukan proposal.

 

Hadir dalam kegiatan ini KH Ach Muzammil Jazuli, Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan, KH Zainul Hasan, Wakil Ketua PCNU Pamekasan, Syafiuddin, Ketua PC GP Ansor Pamekasan, Miftahul Munir, Sekretaris PC GP Ansor Pamekasan, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kecamatan Pakong, KH As'ad Abdul Majid, Pengasuh Yayasan Al-Mukhlisin, KH Zainul Waqud, Ketua MWCNU Pakong, Moh Iddris, Ketua PAC Ansor Pakong, serta Pengurus PAC dan ranting Ansor se-Kecamatan Pakong.

 

 

Editor: Risma Savhira


Madura Terbaru