Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ketua Fatayat NU Tulungagung Raih Gelar Doktor, Begini Disertasinya

Ketua Fatayat NU Tulungagung Raih Gelar Doktor, Begini Disertasinya
Siti Kusnul Kotimah, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung raih gelar doktor. (Foto: NOJ/PH).
Siti Kusnul Kotimah, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung raih gelar doktor. (Foto: NOJ/PH).

Tulungagung, NU Online Jatim

Adanya pengaruh video porno dan tayangan yang berbau kekerasan di media sosial menjadi salah satu faktor terkikisnya karakter baik pada seorang anak. Hal tersebut menjadi topik yang diangkat dalam disertasi Siti Kusnul Kotimah, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tulungagung.

 

Kusnul menyampaikan, di tengah maraknya degradasi moral pada anak-anak Indonesia saat ini, rupanya masih ada sekolah-sekolah yang mampu menekan terjadinya fenomena tersebut pada anak didiknya.

 

“Di antaranya ialah Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Karangsono Kabupaten Tulungagung dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kunir Wonodadi Kabupaten Blitar," ungkapnya seusai wisuda drive thru di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (dulu IAIN Tulungagung), Senin (28/06/2021).

 

Ketertarikan Kusnul untuk mengetahui manajemen pendidikan profetik yang mampu menekan degradasi moral pada peserta didik di kedua madrasah tersebut akhirnya mengantarkannya meraih gelar doktor.

 

“Dengan pengelolaan pendidikan profetik tersebut mampu mengembangkan karakter peserta didik, hingga bisa mencegah degradasi moral pada peserta didik,” ujarnya.

 

Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Gamping Kabupaten Tulungagung tersebut menyebutkan, bahwa hasil penelitiannya tersebut dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan sebagai acuan dalam menentukan pengelolaan pendidikan.

 

“Semuanya bisa memanfaatkan penelitian saya ini, baik sekolah negeri maupun swasta," katanya.

 

Kusnul menyampaikan rasa syukur karena bisa menyelesaikan penelitian yang hasilnya dapat menjadi sumbangsih di dunia pendidikan tersebut. Ia pun mengucap terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu atas terselesaikannya disertasinya tersebut.

 

"Secara khusus saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Prof Achmad Fatoni sebagai pembimbing dan promotor, yang selalu mengingatkan saya untuk segera menyelesaikan disertasi meski sibuk di organisasi," imbuhnya.

 

Sementara itu, Sekretaris PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung, Asnawati, mengaku bangga dengan pencapaian pimpinannya di organisasi tersebut.

 

Dirinya menyebut bahwa sosok Kusnul bukan hanya sebagai seorang ibu, tapi juga sosok abdi negara yang aktif berkhidmat di Nahdlatul Ulama sejak usia sekolah dasar hingga meraih gelar doktor.

 

“Semoga disertasi dan perjuangan Kusnul lakukan mampu menginspirasi perempuan untuk terus berjuang di dunia pendidikan,” tandasnya.

 

Ada momen menarik saat prosesi wisuda drive thru yang dilakukan Kusnul. Selain diantar oleh suami, ia juga diantar pengurus PC Fatayat NU ke lokasi wisuda. Bahkan, Kusnul diantar menggunakan mobil Fatayat NU, sebagai ungkapan rasa bangga PC Fatayat NU atas pencapaiannya.

 

Editor: A Habiburrahman

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9