• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Ketua LDNU Jatim: Tidak Ada Manusia yang Kebal dari Covid-19

Ketua LDNU Jatim: Tidak Ada Manusia yang Kebal dari Covid-19
Ketua PW LDNU Jatim KH Sumarkhan. (Foto: NU Online).
Ketua PW LDNU Jatim KH Sumarkhan. (Foto: NU Online).

Surabaya, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Jawa Timur KH Sumarkhan mengingatkan agar umat Islam senantiasa untuk terus waspada terhadap bahaya virus Covid-19. Menurutnya, manusia tidak ada yang kebal terhadap penyakit.

 

Hal itu disampaikan Kiai Sumarhkan dalam tahlil dan doa bersama untuk santri, pesantren, masyarakat Bangkalan dan bangsa Indonesia secara daring oleh LDNU Jatim bersama dengan Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan (KP3) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur dan Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi'iyah (IKSASS), Senin (14/06/2021) malam.

 

"Tetap waspada. Kita tidak boleh menyombongkan diri, karena Allah Yang Maha Kuasa. Walaupun demikian, di sisi lain kita harus tetap optimis dan berharap untuk mendapatkan pertolongan dari Allah," kata pengajar di Fakultas Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya itu, dikutip dari NU Online, Rabu (16/06/2021).

 

Pada kesempatan yang sama, Pengasuh Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, mengimbau agar umat Muslim senantiasa bermunajat kepada Allah agar dilindungi dari bencana dan wabah penyakit. Ia mengingatkan agar Muslim satu peduli kepada Muslim lainnya.

 

"Sudah jelas bahwa orang-orang beriman itu adalah bersaudara. Rasulullah juga mengecam bagi orang yang tidak peduli terhadap urusan kaum Mslim lainnya, maka dianggap bukan golongannya," tandas Kiai Azaim.

 

"Satu ibadah lagi yang sangat dirindukan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia yaitu haji. Semoga ibadah haji segera dibuka kembali, sehingga kita bisa berziarah dan bermunajat kepada Allah di tempat yang diberkahi untuk memohon kebaikan umat di seluruh dunia," tambahnya.

 

KP3 MUI Jawa Timur Kiai M Noor Harisudin menjelaskan, diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memberikan solusi bagi masyarakat yang saat ini tengah membutuhkan uluran tangan.  

 

"Tentu kami merasa sangat prihatin dengan meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di beberapa daerah. Melalui acara ini, kami ingin menjadi bagian dari mereka. Artinya, turut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan meski hanya melalui doa," tutur Kiai Harisudin yang juga Pengasuh Pesantren Darul Hikam Mangli Jember itu.

 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, KH A Muhyiddin Khotib (Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Situbondo), KH Syarifuddin Damanhuri (Ketua DPD MUI Bangkalan), Munif Shaleh (Ketua Umum IKSASS) dan sejumlah partisipan di seluruh Indonesia.  

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru