Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ketua NU Bawean: Harlah Sarana Evaluasi Perjalanan Organisasi

Ketua NU Bawean: Harlah Sarana Evaluasi Perjalanan Organisasi
Peringatan haril lahir ke-98 NU dan Isra' Mi'raj di Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/PAn)
Peringatan haril lahir ke-98 NU dan Isra' Mi'raj di Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/PAn)

Gresik, NU Online Jatim

Peringatan hari lahir ke-98 Nahdlatul Ulama yang digelar serentak di berbagai lokasi hendaknya tidak berhenti pada seremonial dan perayaan. Yang paling mendesak adalah bagaimana momentum tersebut dijadikan sarana untuk melakukan penilaian atas perjalanan organisasi.

 

Pandangan tersebut disampaikan Kiai Muhammad Fauzi Raud pada acara peringatan hari lahir ke-98 NU yang dikemas dalam kegiatan Isra’ Mi’raj. Kegiatan dipusatkan di kawasan Kuduk-kuduk Patarselamat, Sangkapura, Bawean, Gresik, Rabu (03/03/2021).

 

Kegiatan demikian meriah karena dihadiri tidak semata masyarakat setempat, juga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). Juga Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), serta badan otonom yang ada di bawah naungan NU.

 

“Momentum Harlah ini kita jadikan evaluasi diri organisasi untuk lebik baik,” kata Ketua PCNU Bawean tersebut.

 

Dijelaskannya bahwa peringatan hari lahir dapat dijadikan evaluasi diri terhadap perkembangan organisasi. Juga yang tidak kalah penting yakni NU sebagai jamiyah diniyah untuk terus menjaga akidah dari rongrongan aliran seperti Wahabi dan sejenisnya.

 

Pada kesempatan tersebut dirinya menyinggung program Kartanu sebagai program nasional yang harus dimliki Nahdliyin.

 

“Saya mengajak mengajak kepada seluruh warga dan pengurus untuk ikut mensukseskan Kartanu, karena menjadi tolok ukur seberapa pentingkah kita berorganisasi terutama menjadi pengikut para kiai yang ada di naungan NU,” jelasnya.

 

Di acara ini juga digelar peluncuran Kartanu yang nantinya diserahkan Tim Kartanu PCNU Bawean kepada PRNU Patarselamat.

 

“Ini merupakan pertama kali setelah hampir dua bulan terakhir, tim bekerja maksimal untuk mensukseskan Kartanu ini,” katanya.

 

Di tempat terpisah, Afandi menjelaskan bahwa kegiatan peringatan hari lahir sudah sering dilaksanakan di beberapa tempat. “Karena momentum hari lahir ini bersamaan dengan peringatan Isra' Mi'raj,” katanya.

 

Sudah menjadi kewajiban bagi warga NU dalam momentum Harlah dbarengkan dengan kegiatan lain. “Apalagi di bulan Rajab ini ada dua peristiwa besar salah satunya adalah lahirnya jam'iyah diniyah yakni NU,” pungkasnya.

Iklan promosi NU Online Jatim