• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Ketua PKPT IPNU STAINU Pacitan, Isra' Mi'raj Peristiwa di Balik Perintah Shalat

Ketua PKPT IPNU STAINU Pacitan, Isra' Mi'raj Peristiwa di Balik Perintah Shalat
Ketua Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan, Aditya Kurniawan. (Foto: NOJ/RM)
Ketua Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan, Aditya Kurniawan. (Foto: NOJ/RM)

Pacitan, NU Online Jatim

Ketua Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan, Aditya Kurniawan mengajak seluruh kader dan anggota agar konsisten mengamalkan shalawat sebagaimana yang diajarkan para ulama terdahulu.

 

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Adit itu saat hadir di acara peringatan Isra' Mi'raj IPNU-IPPNU PKPT STAINU Pacitan di Masjid NU Al Kamsinah Pucangsewu, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jumat (12/03/2021).

 

"Kegiatan seperti ini berguna sebagai bentuk pengamalan hal-hal yang sudah diajarkan oleh para pendahulu, dan kami berharap hal ini bisa dilaksanakan secara istiqomah," kata Adit.

 

Ia menambahkan, hikmah Isra' Mi'raj merupakan suatu peristiwa yang melatar belakangi adanya perintah shalat ini tidak masuk akal, namun sebagai penganut agama Islam wajib percaya akan adanya peristiwa tersebut.

 

"Inti dari Isra' Mi'raj ialah diperintahkannya ibadah shalat lima waktu, dan kita juga dapat mengambil ibrah yaitu suatu peristiwa yang tidak masuk nalar, tetapi kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW dan juga umat yang muslim wajib meyakininya," ujarnya.

 

Terkait isi dari pembacaan kitab Maulid Dziba' Al Barzanji yang memeriahkan peringatan Isra' Mi'raj ini, ia menerangkan bahwa kitab tersebut berisi tentang sirah Rasulullah Muhammad SAW. Dimana hal tersebut wajib diketahui oleh umat Islam sebagai sebuah pelajaran.

 

 

"Inti dari kitab Al Barzanji yang juga rutin kita baca setiap malam Sabtu ini antara lain berisi sirah atau cerita Rasullullah SAW sejak baru lahir hingga dewasa. Dan itu merupakan sebuah perjalanan hidup Nabi Muhammad yang wajib kita ketahui sebagai pelajaran dan contoh dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Alumnus Pondok Pesantren Modern Al Anwar tersebut.

 

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru