Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ketua Terpilih Pagar Nusa Jombang Bakal Komitmen Jaga Persatuan

Ketua Terpilih Pagar Nusa Jombang Bakal Komitmen Jaga Persatuan
Konfercab III yang dilaksanakan PC PS Pagar Nusa Jombang, Ahad (06/12/2020). (Foto: NOJ/ Adi).
Konfercab III yang dilaksanakan PC PS Pagar Nusa Jombang, Ahad (06/12/2020). (Foto: NOJ/ Adi).

Jombang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat (PS) Pagar Nusa Kabupaten Jombang menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) III, Ahad (06/12/2020). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pengurus Cabang Nahdlotul Ulama Jombang (PCNU Jombang) di Jalan Raya Mojoagung No 90, Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang ini akhirnya menetapkan Ketua PS Pagar Nusa masa khidmah 2020-2024.

 

Abd Rohim, Ketua terpilih PC PS Pagar Nusa Jombang mengatakan, dirinya akan memprioroitaskan pembenahan internal terlebih dahulu. Khususnya untuk mempersatukan semua elemen pencak silat NU yang tergabung dalam Pagar Nusa.

 

"Pertama saya akan mempersatukan semua elemen dan padepokan yang tergabung dalam Pagar Nusa. Saya sendiri dari golongan Abah KH Ali Maksum dibawah pimpinan Gus Aam (Tambakberas)," kata Rohim kepada NU Online Jatim, Senin (07/12/2020).

 

Untuk menjalin persatuan tersebut, pihaknya sudah menjalin hubungan yang baik dengan beberapa pihak dibawah naungan Pagar Nusa. "Saya sudah menjalin hubungan dari berbagai pihak yang bersangkutan," ungkapnya.

 

Dalam pengembangan Pagar Nusa di Jombang, pihaknya akan menggandeng Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) untuk memperluas dalam  proses kaderisasi.

 

"Untuk mengembangkan Pagar Nusa di Jombang, saya akan mencoba berkolaborasi dengan IPNU-IPPNU sebagai ujung tombak pengkaderan NU," ujar Rohim.

 

Ia juga bertekad menjalin dan menjaga keharmonisan antar perguruan di Kabupaten Jombang. Menjaga kondusifitas Jombang dinilai merupakan suatu hal yang wajib bagi Pagar Nusa.

 

"Saya juga sebagai wakil ketua 1 di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jombang. Pola hubungan komunikasi yang baik dengan para sesepuh-sesepuh perguruan di Jombang juga intens kita jalankan agar tidak ada lagi perselisihan antar perguruan di Jombang," katanya.

 

Di Kabupaten Jombang juga sudah berdiri sebuah wadah organisasi dari berbagai perguruan yang ada di Jombang dalam bentuk Perguruan Silat Jombang Bersatu (PSJB).

 

Abd Rohim optimis Pagar Nusa akan terus berkembang pesat selama terus berpegang teguh dengan ajarannya yang berpedoman pada Islam Ahlussunah wal Jamaah.

 

"Mari kita jaga Jombang bersama-sama meskipun kita beda perguruan. Kita hidup di Jombang, ibaratnya makan dan minum kita di Jombang. Maka wajib menjaga kondusifitas dan menjaga keamanan di Jombang," pungkasnya.

 

 

Sementara itu Yusril Ferdiansyah, anggota Pagar Nusa Gasmi Peterongan berharap, terpilihnya Abd Rohim bisa mengemban amanah serta bisa mengembangkan Pagar Nusa di Jombang dengan lebih baik lagi dari kepengurusan sebelumnya.

 

"Semoga Bapak Abd Rohim sebagai ketua terpilih bisa membawa Pagar Nusa Jombang lebih solid lagi, dan bisa membuat Pagar Nusa lebih baik lagi dari pada sebelum-belumnya," harap Yusril.

 

Penulis: Adi

Editor: Romza

PWNU Jatim