Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

KH Zainul Rais Syuriyah NU Situbondo Terpilih, KH Muhyiddin Ketua Tanfidziyah

KH Zainul Rais Syuriyah NU Situbondo Terpilih, KH Muhyiddin Ketua Tanfidziyah
Ilustrasi bendera NU. (Foto: NOJ)
Ilustrasi bendera NU. (Foto: NOJ)

Situbondo, NU Online Jatim

KH Zainul Mu’in Husni dipilih Tim Ahwa sebagai Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Situbondo periode 2021-2026 dalam Konferensi Cabang NU kabupaten setempat di Pondok Pesantren Wali Songo, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Ahad (06/06/2021). Sementara KH Muhyiddin Khatib terpilih sebagai Ketua Tanfidziyah.

 

"Dari hasil musyawarah lima Ahwa (Ahlul Halli Wal Aqdi/KHR Moh Cholil As'ad,  KH Jaiz Badri Masduki, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdor, KH Zainul Mu'in Husni, dan KH Tamim Sufyan) tiga di antaranya setuju KH Zainul Mu'in Husni sebagai Rais Syuriyah PCNU Situbondo," kata Pimpinan Sidang Konfercab PCNU Situbondo, dikutip dari Antara, Senin (07/06/2021).

 

Selanjutnya, KH Zainul Mu'in Husni di hadapan peserta konferensi menyatakan kesiapannya menjadi Rais Syuriyah PCNU Situbondo masa khidmat 2021-2026.

 

"Insyaallah dengan tetap memohon doa restu dan doa barokah dari panjenengan semua, saya bersedia menjadi Rais Syuriah," tutur Kiai Zainul yang juga Dosen Ma'had Aly Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo itu.

 

Sementara itu, KH Muhyiddin Khatib di hadapan peserta konferensi juga menyampaikan kesediaannya menjadi Ketua Tanfidziyah PCNU Situbondo.

 

"Semoga saya diberi kemampuan untuk mengemban amanat yang sangat berat ini, oleh karena itu, walaupun sangat berat saya menyatakan bersedia menerima amanat ini," katanya.

 

Sesuai AD/ART yang diatur dalam tata tertib, tim Ahwa diusulkan oleh pengurus ranting, kecamatan, MWC dan pengurus cabang. Dan dari 23 tokoh yang diusulkan, terpilih lima suara terbanyak, yakni KHR Moh Cholil As'ad,  KH Jaiz Badri Masduki, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdor, KH Zainul Mu'in Husni, dan KH Tamim Sufyan.

 

Selanjutnya, lima anggota Ahwa terpilih tersebut bertugas memilih Rais Syuriyah. Tim Ahwa melakukan persidangan dengan musyawarah dan mufakat, dan kemudian menyampaikan dalam sidang pleno yang menetapkan KH Zainul Mu'in Husni sebagai Rais Syuriyah.

 

Setelah rais syuriyah ditetapkan, Konfercab kemudian melakukan pemilihan ketua tanfidziyah yang diusulkan oleh pengurus ranting, MWCNU. Selanjutnya hasil usulan bakal calon harus mendapatkan minimal 40 suara, dan diajukan untuk disetujui oleh Rais Syuriah.

 

Katib Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur KH Syafrudin Syarif berharap pemimpin PCNU baru di Kabupaten Situbondo bisa merangkul semua pihak untuk kemajuan NU di daerah setempat.

 

"Hendaknya memimpin NU itu harus bisa merangkul semua pihak. Sehingga, NU di Situbondo ke depan akan semakin maju," katanya.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan