Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Khidmat Ansor di Trenggalek, Tiap Bulan Rutin Salurkan Bantuan

Khidmat Ansor di Trenggalek, Tiap Bulan Rutin Salurkan Bantuan
Penyerahan santunan oleh Ansor kepada janda tua dan dluafa. (Foto: NOJ/Marisa K)
Penyerahan santunan oleh Ansor kepada janda tua dan dluafa. (Foto: NOJ/Marisa K)

Trenggalek, NU Online Jatim

Berbagai kebaikan ditebar masyarakat di bulan Ramadlan sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah SWT dan kecintaan kepada sesama manusia. Terlebih di akhir bulan penuh rahmat tersebut ada kewajiban untuk mengeluarkan zakat fitrah.

 

Kali ini, Pengurus Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek berbagi paket lebaran. Kegiatan bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Trenggalek untuk menyalurkan santunan bagi dluafa dan masyarakat kurang mampu di kawasan tersebut, Selasa (11/05/2021).

 

Pengurus Ansor Ranting Gondang, Bahrul Ulum mengatakan bahwa santunan ini adalah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan.

 

"Jadi bukan hanya di bulan Ramadlan saja santunan ini dilakukan," kata Bahrul, sapaan akrabnya.

 

Menurutnya, mereka yang mendapat santunan kebanyakan orang tua dan janda tua yang hanya tinggal seorang diri di rumahnya. Dan yang pasti, mereka sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

 

"Bahkan kami mendapati salah satu penerima santunan sudah tidak dapat melakukan apa-apa, hanya berbaring di atas kasur setiap harinya. Dan diurus pun bukan oleh sanak saudaranya melainkan oleh tetangga," kisahnya.

 

Dari kegiatan ini pihaknya berharap selain dapat meringankan beban dari yang bersangkutan juga dapat menginspirasi elemen masyarakat agar senantiasa bersama bergerak untuk aksi kemanusiaan.

 

"Selain sebagai organisasi pemuda yang giat di keagamaan, kita juga harus menjadi manusia yang bermanfaat. Maka selayaknya harus menunjukkan kepedulian sosial kepada masyarakat umum sebagai wujud peduli kemanusiaan," tegasnya.

 

Salah seorang penerima santunan, Katirah menunjukkan ekspresi harunya di hadapan pengurus Ansor Gondang yang saat itu mendatangi rumahnya.

 

"Terima kasih, semoga semua pihak yang bersangkutan khususnya Ansor Gondang senantiasa diberi kesehatan, dilapangkan rezekinya," ucapnya.

 


Editor:
F1 Bank Jatim