Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kiai Marzuki: Rumah Sedekah LAZISNU Harus Ada

Kiai Marzuki: Rumah Sedekah LAZISNU Harus Ada
KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jatim saat acara tasyakuran rumah sedekah LAZISNU di Malang, Rabu (17/02/2021). (Foto: NOJ/ Moch Miftahur Rizki).
KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jatim saat acara tasyakuran rumah sedekah LAZISNU di Malang, Rabu (17/02/2021). (Foto: NOJ/ Moch Miftahur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Pasca di resmikan kemarin lusa oleh Bupati Malang HM Sanusi, Rumah Sedekah NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur mengadakan tasyakuran dengan menggelar do'a bersama, Rabu (17/02/2021) siang. Kegiatan yang dilaksanakan di Perumahan Royal Orchid Jl Jambu No Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Dalam do'a bersama kali ini menghadirkan KH Marzuki Mustamar Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Selain Kiai Marzuki, dalam kegitan ini juga turut mengundang H Maskuri Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), dan sejumlah tokoh lainnya.

 

"Acara ini sebenarnya adalah rangkaian dari acara peresmian kemarin lusa. Namun fokus utama pada acara ini yakni kita mensyukuri adanya rumah sedekah ini dengan mengundang Kiai Marzuki untuk do'a bersama di tempat kami ini," kata KH Noor Shodiq Askandar, Inisiator Rumah Sedekah.

 

Gus Shodiq sapaan akrabnya mejelaskan bahwa sedekah tidak harus dengan harta. "Jadi sebetulnya rumah sedekah itu kita buat dengan kita ingin memperjelas kepada masyarakat bahwa sedekah itu tidak harus harta. Namun sedekah bisa dengan keterampilan, bisa ilmu, bisa macam-macam, dan bisa ngaji juga," bebernya.

 

"Rumah sedekah ini sebuah inisiasi yang cukup positif dalam rangka untuk mengembangkan umat. Dan kesadaran masyarakat yang alhamdulillah dari waktu-waktu semakin tinggi. Hal ini perlu di organisir secara rapi dan yang harus di apresiasi akan semangat dari teman-teman NU di dalam mengembangkan media-media baik seperti ini sudah mulai bermunculan. Dan mudah-mudahan ini menjadi spirit baru bagi dakwah yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama," papar H Maskuri.

 

Rektor Unisma tersebut juga menjelaskan rencana sinergitas rumah sedekah dengan Unisma. "Unisma kan lembaga pendidikan yang saat ini sedang memberikan beasiswa kepada masyarakat NU kurang mampu. Nantinya agar kuliah tidak di jadikan beban oleh masyarakat. Kami akan terus bersinergi dengan Rumah Sedekah untuk memberikan jawaban akan permasalahan yang ada di masyarakat," terangnya.

 

Sementara itu, KH Marzuki Kustamar menyatakan, keberadaan rumah sedekah penting untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. "Rumah sedekah harus ada untuk memberi jawaban ke masyarakat akan problematika yang ada saat ini. Apalagi di masa pandemi saat ini sudah seharusnya dermawan-dermawan NU membantu saudaranya yang kesusahan," ujar Kiai Marzuki.

 

 

"Semakin banyak rumah sedekah yang dikelola oleh muslim-nasionalis, nasionalis-muslim. Maka semakin aman agama dan akidahnya, juga semakin aman Indonesia," pungkas Kiai Marzuki.

 

Penulis: Moch Miftachur Rizki

Editor: Romza

F1 Promosi Iklan