• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

Kiai Mutawakkil Main Film, Ceritakan Kekuatan Pesantren Hadapi Covid-19

Kiai Mutawakkil Main Film, Ceritakan Kekuatan Pesantren Hadapi Covid-19
KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah dalam salah satu adegan film pendek. (Foto: Istimewa).
KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah dalam salah satu adegan film pendek. (Foto: Istimewa).

Probolinggo, NU Online Jatim

Gala Premiere Sabda Aji Short Movie telah dilaksanakan Jum'at, (30/10/2020). Namun, Film Pendek tersebut baru rilis di Youtube Channel Pesantren Zainul Hasan Genggong Sabtu, (31/10/2020) pukul 15.00 WIB.

 

Selain dalam rangka merayakan Hari Santri 2020, film pendek Sabda Aji diproduksi dan diinisiasi supaya mampu mewakili elemen pondok pesantren di seluruh Indonesia yang hingga kini masih berjuang menghadapi Pandemi Covid-19.

 

Tak sembarangan, judul Sabda Aji tercipta karena turut terlibatnya pengasuh utama Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo yakni KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah.

 

"Pengasuh Utama Pondok Pesantren memang terlibat (dalam film pendek tersebut, red), Peran beliau dalam kehidupan nyata selain menjadi guru, juga seorang motivator dalam kehidupan santri. Dari sinilah judul Sabda Aji itu diangkat. Sabda yang berarti dawuh dan Aji yaitu ilmu pengetahuan yang di ambil dalam bahasa sanskerta," ujar Ach Refki Adnan, Produser Sabda Aji Short Movie.

 

Dalam mempersiapkan film pendek yang berdurasi 34 menit 37 detik ini memakan waktu kurang lebih 1 bulan 15 hari dengan kendala yang tak berarti. "Kendala dalam pembuatan film, pasti dong itu ada. Setiap hal dalam keinginan pasti ada rintangannya," kata Refki.

 

Ia melanjutkan, pembuatan film pendek tersebut melibatkan seluruh santri Pesantren Zainul Hasan Genggong. "Untuk pemilihan aktor kita memulai dari orang-orang yang dekat dengan keseharian kru dan memiliki potensi dalam bidang entertaint," ungkapnya.

 

Refki juga menjelaskan, ada banyak pesan yang terkandung dalam film pendek Sabda Aji. Terutama gambaran tentang upaya pondok pesantren melawan Covid-19. "Pesan yang terkandung dalam film ini, banyak sih. Cuma yang paling istimewa adalah perjuangan santri dan tanggung jawab seorang santri yang diberikan amanah oleh seorang kiai," ungkapnya.

 

Ia menambahkan bahwa ada banyak harapan dalam penggarapan film ini. "Semoga menginpirasi, semoga bisa bermanfaat dan semoga bisa mewakili seluruh pesantren di Nusantara dalam menghadapi Covid-19," tandas Refki.

 


 

Film Pendek Sabda Aji memang mendapatkan apresiasi luar biasa, bahkan Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar juga memberikan testimoni terkait film ini yang diposting oleh akun Youtube Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Ssejak film ini diluncurkan, dalam kurun waktu 5 jam jumlah penonton sudah mencapai lebih dari 6.800 viewers.

 

Penulis: Anita

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru