• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Metropolis

Kiprah IPNU-IPPNU di Kembangbahu Lamongan Berbagi di Tengah Pandemi

Kiprah IPNU-IPPNU di Kembangbahu Lamongan Berbagi di Tengah Pandemi
PAC IPNU-IPPNU dan DKAC CBPP KPP di halaman Polsek Kembangbahu Lamongan. (Foto: NOJ/istimewa)
PAC IPNU-IPPNU dan DKAC CBPP KPP di halaman Polsek Kembangbahu Lamongan. (Foto: NOJ/istimewa)

Lamongan, NU Online Jatim
Beragam kegiatan digelar elemen Nahdlatul Ulama demi membantu kalangan yang lemah. Apalagi di masa sulit seperti ini seiring dibatasinya gerak warga untuk melakukan kegiatan usaha di luar. Dengan berdiam di rumah saja, tidak ada pemasukan yang dapat diandalkan.

 

“Kegiatan ini sudah mendapatkan izin dari Kapolsek Kembangbahu. Bahkan mendapat respons yang sangat positif,” kata Arif Humaidi Mahindra, Sabtu (16/5). Penegasan disampaikan Ketua Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kembangbahu, Lamongan ini saat ditanya mengenai izin acara bagi takjil yang dilakukan bersama anggota IPNU-IPPNU dan DKAC CBPP KPP Kembangbahu.

 

Pembagian takjil gratis kepada para pengguna jalan ini dipusatkan di Kecamatan Kembangbahu. Acara juga diikuti lembaga dan departemen lain yang berada di bawah naungan PAC IPNU IPPNU Kembangbahu. 

 

Memang masa pandemi Covid-19 yang melanda, menggerakkan PAC IPNU dan IPPNU Kembangbahu untuk mendonasikan masker secara gratis di samping pembagian takjil untuk berbuka puasa, terutama pada pedagang yang masih kurang peduli terhadap pencegahan wabah virus ini. 

 

“Paling tidak, para pedagang dan pengguna jalan bisa menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah. Dan masker yang kami bagikan bisa menjadi bantuan yang bermanfaat,” katanya. 

 

Dirinya juga berharap kegiatan yang dilakukan membawa kebaikan. Dan wabah segera berakhir sehingga semua dapat melaksanakan program kerja dari lembaga dan departemen lainnya.


“Acara ini sudah kami persiapkan sepekan sebelum pelaksanaan. Kami mengumpulkan donasi berupa minuman, makanan ringan, dan juga masker. Pengumpulan donasi kami tutup tiga hari sebelum acara. Alhamdulillah respons dari rekan dan rekanita serta para pengurus sangat luar biasa,” tutur Nila Nur Amanah selaku Ketua PAC IPPNU Kembangbahu. 

 

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. Terutama Kapolsek Kembangbahu yang sudah memberi izin diselenggaranya acara dan para relawan yang menyisihkan rezeki sehingga terkumpul sekitar 300 bingkisan takjil dan kurang lebih 500 masker.

 

Pada saat yang sama, Taufiqur Rahman selaku Koordinator DKAC CBPP Kembangbahu berharap masyarkat tetap tenang dan tetap ikuti anjuran pemerintah 

 

“Namun, tidak dapat dipungkiri intensitas pengguna jalan sekitar Pasar Tradisional Kembangbahu hingga kapolsek Kembangbahu yang menjadi pusat keramaian saat bulan Ramadhan berkurang dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Layyinatus Musa’adah selaku Koordinator DKAC KPP Kembangbahu.

 

Aksi yang diselenggarakan sore sekitar pukul 16.00 dan berakhir pada pukul 17.00 itu berjalan dengan lancar dan sukses. Hal ini terbukti dari respons baik yang ditunjukkan oleh para pedagang dan pengguna jalan. 

 

“Masker ini sangat bermanfaat bagi kami para pedagang kecil, karena kami tidak memiliki banyak masker untuk bisa digunakan bergati-ganti setiap hari,” tanggapan salah satu pedagang yang ada di depan Pasar Tradisional Kembangbahu.

 

Untuk melengkapi kegiatan positif tersebut dan merekatkan hubungan antar anggota, acara ditutup dengan buka bersama antaranggota PAC IPNU IPPNU di gedung MWCNU Kembangbahu. Agar rekan dan rekanita tetap merasa nyaman dan aman buka bersama dilakukan dengan tetap menerapkan aturan physical distancing.

 

Editor: Syaifullah


 


Editor:

Metropolis Terbaru