• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Kiprah LAZISNU di Sidoarjo Kian Dirasakan Umat

Kiprah LAZISNU di Sidoarjo Kian Dirasakan Umat
Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Tambakrejo, Sutrisno Akbar (tengah) menyerahkan santunan kematian. (Foto: NOJ/Ist)
Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Tambakrejo, Sutrisno Akbar (tengah) menyerahkan santunan kematian. (Foto: NOJ/Ist)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Keberadaan Lembaga Amil Zakat infaq dan shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) sangat dirasakan manfaatnya bagi umat terutama Nahdliyin. 

 

Hal tersebut terbukti dari gerakan Kotak Infaq (Koin) LAZISNU yang memberikan sumbangsih positif dalam meringankan beban sesama. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Unit Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqoh (UPZIS) LAZISNU Ranting Tambakrejo, Krembung, Sidoarjo Rabu (2/9/2020) malam.

 

Lembaga ini telah melaksanakan salah satu programnya yakni memberikan bantuan kepada shahibul musibah (santunan kematian) kepada almarhumah Siti Fatimah salah satu warga Dusun Awargunting RT 22 RW 12 Desa Tambakrejo.

 

Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Tambakrejo, Sutrisno Akbar saat hadir mengikuti acara tahlil bersama di rumah duka. Pada saat yang sama juga menyampaikan bela sungkawa sekaligus memberikan santunan yang diterima putra almarhuman, M Fadilah.

 

Sutrisno Akbar menyampaikan bahwa apa yang diberikan sebagai bagian dari hadirnya LAZISNU di tengah umat. Karena Koin NU ini adalah hasil infak dan sedekah yang dikoordinir setiap Jumat Legi.

 

"Mohon jangan dilihat dari jumlah atau nominalnya, tapi ini sebagai rasa terima kasih LAZISNU kepada keluarga yang tertimpa musibah," ujar Wakil Ketua Pengurus Ranting NU Tambakrejo tersebut.

 

Sementara M Fadilah sangat berterima kasih kepada LAZISNU yang sudah sudah menunjukkan kepedulian serta memberikan manfaat bagi masyarakat terutama yang sedang kesusahan.

 

"Terima kasih atas bantuannya semoga LAZISNU terus memberi bermanfaat dan membawa berkah," ungkapnya.

 

LAZISNU Tambakrejo sendiri sudah berjalan hampir dua tahun. Hasil pengumpulan dana setiap bulan bisa menghimpun antara Rp1,5 hingga 2,5 juta.

 

Hasil tersebut disetor kepada LAZISNU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Krembung untuk disimpan di salah satu bank yang bekerja sama. Sedangkan pembagian prosentase dari hasil panen untuk PRNU adalah 30 persen, sedangkan MWCNU 68 persen. Sisanya dimasukkan ke PC LAZISNU Sidoarjo.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru