Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kisah Santri asal Sidoarjo Ikuti PKD Ansor di Mesir

Kisah Santri asal Sidoarjo Ikuti PKD Ansor di Mesir
Muhammad Ruslin Gunawan (tiga dari kanan), santri asal Sidoarjo ikut PKD Ansor di Masir. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah).
Muhammad Ruslin Gunawan (tiga dari kanan), santri asal Sidoarjo ikut PKD Ansor di Masir. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mesir mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). Kegiatan dipusatkan di Sekretariat Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Mesir, Darrasah, Ahad (12/09/2021). Seorang santri asal Sidoarjo juga mengikuti kegiatan tersebut.

 

Ia adalah Muhammad Ruslin Gunawan, asal Krian Sidoarjo. Ia mengatakan, keikutsertaannya dalam proses kaderisasi awal GP Anssor tersebut karena sangat cinta dengan NU.

 

“Di lingkungan saya punya latar belakang ke-NU-an yang kuat. Sejumlah tradisi atau amaliyah NU dilakukan, mulai dari acara tahlilan, tasyakuran dan lain-lain,” ujar Ruslin, saat dihubungi NU Online Jatim.

 

Ia menambahkan, NU yang bergerak di organisasi sosial keagamaan dan kemasyarakat tumbuh subur di desanya. Atas hal itu, kecintaannya pada NU begitu kuat dan mengakar.

 

“Saya ingin berkhidmat dan menjadi kader masa depan NU yang militan, makanya kegiatan ini saya ikuti,” ujar alumni Pondok Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi Krian Sidoarjo ini.

 

Ruslin menyebutkan, dalam kegiatan PKD tersebut banyak diikuti peserta asal Jawa Timur yang tinggal di Mesir. Namun, secara pasti jumlahnya ia tidak mengetahuinya.

 

“Saya berharap, agar kepengurusan PCI GP Ansor Mesir ke depan semakin baik dan istiqamah,” tandasnya.

 

Sementara itu, Naufal Zhalifunas Hadayana salah seorang panitia mengatakan, bahwa PKD tersebut digelar selama dua hari, sebagaimana ketentuan pelaksanaan PKD pada umumnya. Ia menyebutkan, bahwa PKD tersebut diikuti lebih kurang 78 peserta.

 

“Awalnya ketika pembukaan diikuti 78 peserta, tetapi yang mengikuti tuntas hingga pembaiatan tersisa 58 peserta,” ujar alumni Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo ini.

 

Diketahui, prosesi pembukaan dihadiri oleh jajaran pengurus PCINU Mesir dan PCI GP Ansor Mesir. Acara dibuka langsung Wakil Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor melalui zoom meeting.

 

Penulis: Boy Ardiansyah

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Bank Jatim