Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Koin NU Peduli di Tulungagung Dimanfaatkan Bantu Warga Terdampak Covid-19

Koin NU Peduli di Tulungagung Dimanfaatkan Bantu Warga Terdampak Covid-19
Ilustrasi
Ilustrasi

Tulungagung, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan ketidakstabilan pertumbuhan ekonomi tidak lantas mengurangi rasa peduli masyarakat terhadap sesama. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang memberikan bantuan secara materil kepada sesama yang terdampak oleh virus tersebut.

 

Seperti yang dilakukan pengurus Koin Nahdlatul Ulama' (NU) Peduli di Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Dengan mengajak kerja sama Karang Taruna setempat, pengelola Koin NU Peduli tersebut berinisiatif menyerahkan bantuan dari seluruh saldo yang dimiliki.

 

"Tidak hanya dari saldo Koin NU Peduli, kami juga menyalurkan dana dari bantuan pihak lain yang dititipkan kepada Koin NU Peduli," terang Imam Muhadi, Ketua Pengurus Koin NU Peduli di Desa Kresikan, Jumat (08/01/2021).

 

Imam menjelaskan, bantuan akan diberikan kepada keluarga yang melakukan isolasi mandiri dan keluarga yang anggotanya sudah dinyatakan positif Covid-19 dengan total sembilan keluarga di Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung.

 

"Awalnya kami hanya membantu sesuai dengan jumlah saldo yang dimiliki Koin NU Peduli. Tapi ternyata setelah kami umumkan kepada masyarakat tentang pelaksanaan penyaluran bantuan yang dilaksanakan pada 9 Januari 2021, banyak sekali pihak yang menitipkan bantuan kepada Koin NU Peduli untuk disalurkan," cerita Imam.

 

Pihak yang menitipkan bantuan tersebut tidak hanya dari Desa Kresikan, tetapi juga dari desa lain dan beberapa bantuan bahkan datang dari luar Kecamatan Tanggunggunung. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai dan sembako. Bantuan yang terkumpul akan dijadikan satu dengan saldo yang dimiliki oleh Koin NU Peduli di Desa Kresikan untuk selanjutnya didistribusikan.

 

Menurut Imam, jumlah bantuan tidak begitu besar. Tapi terdapat ratusan pihak, mulai dari organisasi, tokoh masyarakat, sampai masyarakat biasa yang ikut serta memberikan bantuan sejak awal bulan Januari tahun 2021.

 

 

"Saya tidak menyangka, ternyata banyak pihak yang masih memiliki rasa peduli meski sudah lama dilanda pandemi dan memberikan amanah kepada Koin NU Peduli untuk menyalurkan bantuan," tutur Imam.

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Tanggunggunung, Eko Ali Sadikin berharap, dengan tersalurkannya bantuan tersebut mampu menjaga rasa peduli masyarakat kepada sesama di tengah pandemi yang sedang melanda.

 

Editor: Romza

Bank Jatim (31/7)