Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kompak, Denwatser Sumenep Keliling Ziarah ke Makam Muassis NU

Kompak, Denwatser Sumenep Keliling Ziarah ke Makam Muassis NU
Rombongan Detwanser nyekar di maqbaroh KH Abi Syuja' (Foto: NOJ/ Firdausi).
Rombongan Detwanser nyekar di maqbaroh KH Abi Syuja' (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Detasemen Wanita Serbaguna (Denwatser) Sumenep menggelar ziarah ke makam muassis Nahdlatul Ulama (NU) Sumenep pada hari Jum'at (07/05/2021). Rombongan Denwatser ini memakai atribut kebesarannya saat melaksanakan touring untuk ziarah muassis NU. Mereka tiba di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk pada pukul 13.20 WIB.

 

Nur Jannah mengatakan, ada 15 personil Detwanser yang ikut berpartisipasi. Selain itu ada 32 personil Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang sampai dengan selamat ke titik kumpul dengan manaiki sepeda motor.

 

"Saat kami sampai ke lokasi, kami bergegas menuju ke maqbaroh Kusuma Bangsa, yang mana di tempat tersebut terdapat makam Almaghfurlah KH M Ilyas, KH Abdullah Sajjad, KH Moh Ishomuddin, dan KH A Warits. Kemudian dilanjutkan ke Latee, tepatnya di maqbaroh KH Ahmad Basyir," ujar Ketua Denwatser Sumenep itu.

 

Rute selanjutnya, rombongan menuju ke Desa Kebonagung Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep untuk nyekar ke makam Almaghfurlah KH Abi Syuja'.

 

"Para almarhumin adalah tokoh NU yang semasa hidupnya berjuang demi tegaknya Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah," tambah Nur Jannah.

 

Di kesempatan yang sama, Suaidi selaku Ketua Satkorcab Banser Sumenep menjelaskan bahwa kegiatan ini sengaja digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Gerakan Pemuda (GP) Ansor ke 87 dan mengharap barokah bulan Ramadlan serta mengenang kiprah perjuangan kiai.

 

"Insyaallah, lewat kegiatan ini kami bisa mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendekatan keagamaan dan meningkatkan kesadaran anggota untuk memperjuangkan pengamalan ajaran Islam Aswaja dan meneruskan cita-cita muassis NU," terang alumni MA Matslahatul Hidayah Errabu Bluto tersebut.

 

Tak kalah juga Ahmad Nawfan Hammam yang kali ini menjabat sebagai Wakil Ketua (Waka) Banser Lalu Lintas (Balantas) di Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Jawa Timur mengapresiasi kegiatan ini, karena
Denwatser istiqamah menebar manfaat dan setia mengawal ulama, walaupun sudah wafat.

 

"Semoga kita bisa meneladani perjuangan beliau," pungkas mantan Ketua Satkorcab Banser Sumenep tersebut.

 

 

Acara diakhiri dengan buka bersama (Bukber) setelah melaksanakan shalat berjamaah di masjid Agung Sumenep.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim