Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kompak, Pendekar Berbagai Perguruan Silat Sambut Rombongan Kirab di Babadan Ponorogo

Kompak, Pendekar Berbagai Perguruan Silat Sambut Rombongan Kirab di Babadan Ponorogo
Para pendekar berbagai aliran Perguruan Pencak Silat terlihat kompak menyambut rombongan Kirab 100 Ribu Doa Pager Bumi KH Hasyim Asy'ari di Babadan, Ponorogo. (Foto: NOJ/ Fatkhurrozi)
Para pendekar berbagai aliran Perguruan Pencak Silat terlihat kompak menyambut rombongan Kirab 100 Ribu Doa Pager Bumi KH Hasyim Asy'ari di Babadan, Ponorogo. (Foto: NOJ/ Fatkhurrozi)

Ponorogo, NU Online Jatim

Kirab 100 Ribu Doa Pager Bumi KH Hasyim Asy'ari telah memasuki wilayah Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Ada pemandangan yang indah saat berbagai aliran perguruan pencak silat yang ada di Babadan, turut merayakan hari santri bersama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Babadan.

 

Sesuai jadwal, Pataka Nahdlatul Ulama dan Pusaka Leluhur Tegalsari telah sampai di kompleks Masjid Darut Taqwa Desa Sukosari Kecamatan Babadan, Selasa 20/10/2020 sore pukul 16.30 WIB. Prosesi serah terima dari PAC GP Ansor Sukorejo ke PAC GP Ansor Babadan berlangsung sakral, khidmat dan tertib.

 

Dalam prosesi tersebut, PAC Ansor Babadan mengundang para pendekar dari berbagai perguruan pencak silat selain sejumlah elemen lainnya di Kecamatan Babadan. 

 

Esensi pencak silat adalah mencetak manusia berbudi pekerti yang luhur, dan hal ini tentu sejalan dengan semangat Hari Santri. Keterlibatan pendekar dari berbagai perguruan juga membuktikan bahwa situasi Kamtibmas Kecamatan Babadan begitu kondusif. Perbedaan tampilan luar disatukan dengan spirit santri, jiwa nasionalisme dan kesadaran sebagai warga nahdliyin khususnya dan sebagai warga negara Indonesia umumnya.

 

"Sengaja kami mengundang semua Perguruan Pencak Silat untuk ikut berpartisipasi dalam acara kirab 100 ribu doa pager bumi KH Hasyim Asy'ari, yang di adakan oleh PC Ansor GP Ponorogo. Bagi kami mereka juga bagian keluarga santri yang ikut berjuang dalam menjaga keutuhan NKRI," kata Mariyanto Umar, ketua PAC GP Ansor Babadan.

 

Umar mengungkapkan, berbagai perguruan pencak silat yang diundang pihaknya yakni Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Pagar Nusa (PN) Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) Bunga Islam (BI) dan Pandan Alas.

 

"Alhamdulillah mendapat respon positif dan bisa hadir bersama untuk prosesi Kirab 100 Ribu Doa Pager Bumi KH Hasyim Asy'ari," ungkapnya.

 

Atas hal itu, Umar mengucapkan banyak terima kasih kepada para pendekar-pendekar yang telah hadir dan ikut berpartisipasi dan berdoa bersama-sama untuk Bangsa Indonesia dan Ponorogo khususnya. Tidak lupa juga Forkopimka, TNI-Polri dan semua yang terlibat.

 

"Sulit diungkapkan, namun kami keluarga besar Ansor Ponorogo berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pendekar-pendekar Babadan," tuturnya.

 

Meski hujan sempat mengguyur wilayah Ponorogo, namun acara tetap berlangsung khidmat dan lancar.

 

"Alhamdulillah, walau hujan mengguyur tidak  menyurutkan semangat para peserta apel serah terima Pataka," ujar Latif Nahrowi, Sekretaris PAC GP Ansor Babadan.

 

Penulis: Fatkhurazi
Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim