Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Komunitas Rumah Rakyat Sumenep Salurkan Sembako ke Gugas NU Pragaan

Komunitas Rumah Rakyat Sumenep Salurkan Sembako ke Gugas NU Pragaan
Pembina Komunitas Rumah Rakyat Sumenep memberikan bantuan ke Sekretaris MWCNU Pragaan. (Foto: NOJ/Firdausi)
Pembina Komunitas Rumah Rakyat Sumenep memberikan bantuan ke Sekretaris MWCNU Pragaan. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Ditetapkannya Sumenep sebagai zona merah membuat tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 beserta seluruh elemen masyarakat memperketat pencegahan penularan virus Corona.

 

Komunitas Rumah Rakyat (KRR) Sumenep memberikan bantuan kebutuhan masyarakat yang berbentuk sembilan bahan pokok (Sembako) pada Gugus Tugas (Gugas) NU Siaga Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan, Ahad (3/5).

 

KRR Sumenep menyalurkan 50 bantuan paket Sembako yang berisi beras, minyak, dan gula pada Sekretaris MWCNU Pragaan. Hal tersebut sebagai wujud meringankan beban masyarakat yang kurang mampu di tengah lesunya akibat pandemi Covid-19.

 

Bantuan diserahkan secara langsung oleh pembina KRR Sumenep, H Ahmad Jailani dan diterima Sekretaris MWCNU Pragaan yaitu Kiai Hambali Makhtum.

 

"Bantuan ini tidak sempurna, namun inilah bentuk perhatian kami kepada masyarakat lewat bantuan Gugas NU Siaga Pragaan," kata H Ahmad Jailani.

 

Dirinya berharap bantuan mampu meringankan beban masyarakat yang saat ini ruang geraknya lebih banyak di rumah atau stay at home.

 

"Kita tahu bahwa Covid-19 berdampak pada sektor perekonomian, sehingga masyarakat menengah ke bawah kewalahan memenuhi kebutuhan sehari-hariannya. Semoga bantuan ini bisa memenuhi kebutuhannya selama pandemi Covid-19 belum berakhir," harapnya.

 

Sekretaris MWCNU Pragaan mengucapkan terima kasih kepada KRR Sumenep.

 

"Sembako ini merupakan kepedulian para relawan kepada masyarakat dan semoga meringankan beban kaum dhuafa di Kecamatan Pragaan," kata Kiai Hambali Makhtum.

 

Dirinya menegaskan bahwa Sembako sebagai wujud warga NU yang selalu hadir di tengah masyarakat yang saat ini berjuang bersama menghadapi wabah Covid-19.

 

"Baik dalam keadaan suka dan duka, kita akan terus berdiri bersama masyarakat untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kabupaten Sumenep," ungkapnya.

 

Gus Fatihul Abror yang didaulat sebagai koordintor lapangan menerangkan bahwa bantuan Sembako akan disalurkan kepada beberapa desa yang belum dikunjungi tim Gugas.

 

"Sebelumnya tim Gugas Siaga Pragaan sudah memberikan bantuan Sembako pada 2 desa yakni Pekamban Daya dan Aeng Panas. Sisanya akan kami sambangi untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang telah didata," ungkap Wakil Sekretaris MWCNU Pragaan tersebut.

 

Dirinya menegaskan bahwa selain sembako, tim Gugas Siaga juga memberikan bantuan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

 

"Tim telah melakukan penyemprotan disinfektan, bagi-bagi masker, tempat cuci tangan beserta sabunnya, dan hand sanitizer di setiap Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama," terangnya.

 

Dalam pandangannya, langkah ini sebagai upaya preventif dalam menghadapi Covid-19.

 

"Kami ucapkan terima kasih kepada donatur yang sudah mempercayakan kepada kami selaku tim Gugas NU Siaga. Semoga bantuan ini dicatat sebagai ibadah mulia," katanya.

 

Bagi warga lain diajak peduli akan nasib masyarakat terutama warga kurang mampu.

 

“Mereka harus dibantu saat pandemi ini belum berakhir," pungkas Hamdani, Wakil Bendahara MWCNU Pragaan.

 

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah
 

PWNU Jatim Harlah