• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Madura

Kopri PMII Sumenep Prihatin Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

Kopri PMII Sumenep Prihatin Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak
Ketua Mandataris Kopri PMII Sumenep Nur Waidah. (Foto: NOJ/ laman DPRD Sumenep).
Ketua Mandataris Kopri PMII Sumenep Nur Waidah. (Foto: NOJ/ laman DPRD Sumenep).

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumenep melaksanakan safari pergerakan ke kantor DPRD setempat, Rabu (16/06/2021). Dalam kesempatan itu, Korp PMII Putri (Kopri) menyampaikan keprihatinannya terhadap kasus kekerasan perempuan dan anak di Sumenep.

 

Kedatangan rombongan PC PMII Sumenep ke kantor DPRD disambut oleh Ketua DPRD KH Abdul Hamid Ali Munir serta pejabat lainnya.

 

Dalam forum itu, Ketua Mandataris PC PMII Sumenep Qudsiyanto menyampaikan bahwa kedatangan dirinya bersama pengurus lainnya dalam rangka silaturahim sekaligus memperkenalkan kepengurusan baru. Sebab, PC PMII baru menyelesaikan pergantian kepengurusan.

 

"Kita kemarin sudah melaksanakan agenda safari pergerakan dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep. Dan sekarang dengan DPRD Sumenep. Untuk silaturahim, sebab ini kepengurusan yang baru," kata Qudsi.

 

Pertemuan para aktivis PMII Sumenep ini berlangsung dengan dialog. Sejumlah pengurus PC PMII Sumenep menyampaikan berbagai hal kepada Ketua DPRD setempat. Di antaranya tentang peran PMII sebagai pengawas kebijakan publik yang harus tetap bersikap kritis.

 

Selain itu, Ketua Mandataris Kopri PMII Sumenep Nur Waidah dalam forum itu juga menyampaikan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan DPRD khususnya komisi IV. Utamanya merespons atau menyikapi kebijakan berkaitan dengan kasus-kasus perempuan dan anak. "Kita melihat persoalan kekerasan anak dan perempuan sangat miris," ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sumenep KH Abdul Hamid Ali Munir mengapresiasi kedatangan aktivis PC PMII setempat. "Ini positif sekali," kata Kiai Hamid saat dikonfirmasi.

 

 

Ia berharap kader PMII Sumenep untuk terus menjadi mitra legislatif dalam mengawal aspirasi masyarakat. "Mengajak mahasiswa untuk mengedepankan akhlak  dalam menyampaikan aspirasi," pungkasnya.

 

Penulis: Mahrus Ali

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru