Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Korban Covid-19 Terus Bertambah, NU Jatim Instruksikan Istighotsah

Korban Covid-19 Terus Bertambah, NU Jatim Instruksikan Istighotsah
Surat edaran dari PWNU Jawa Timur untuk menyelenggarakan istighotsah dan qunut nazilah. (Foto: NOJ/Ist)
Surat edaran dari PWNU Jawa Timur untuk menyelenggarakan istighotsah dan qunut nazilah. (Foto: NOJ/Ist)

Surabaya, NU Online Jatim

Perkembangan kasus warga terpapar Covid-19 semakin memprihatinkan. Ikhtiar lahir dengan mematuhi protokol kesehatan sudah dilakukan, namun masih tidak sesuai harapan.

 

Karenanya, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menginstruksikan untuk menggelar istighotsah dan qunut nazilah di semua tingkatan. Pada saat yang sama, warga diminta juga tetap terus meningkatkan protokol kesehatan secara ketat.

 

Surat dengan nomor 822/PW/A-II/L/I/2021 tersebut, berisi instruksi istighotsah. Di dalamnya juga terdapat poin untuk melaksanakan qunut nazilah.

 

“Sehubungan dengan semakin melonjaknya kasus keterpaparan warga sebagai korban pandemi Covid-19, PWNU Jawa Timur menginstuksikan kepada pengurus NU beserta pimpinan perangkat organisasinya di semua tingkatan,” kata surat tersebut.

 

Edaran yang ditandatangani pengurus inti PWNU Jatim tersebut juga berlaku kepada segenap Nahdliyin di Jawa Timur pada khususnya, dan umat Islam pada umumnya.

 

“Untuk melakukan gerakan batiniah-spiritual guna mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memohon segera diangkatnya wabah Corona di wilayah ini khususnya dan Indonesia pada umumnya,” jelas surat tersebut.

 

Gerakan batiniah-spiritual dimaksud meliputi menyelenggarakan istighotsah berjamaah secara virtual di daerah masing-masing. Juga istighotsah individual, pesantren serta masjid dan mushala.

 

“Melaksanakan qunut nazilah pada setiap shalat Subuh dan shalat Jumat,” ungkap edaran tertanggal 20 Januari 2021 tersebut.

 

Yang istimewa, pada surat itu terdapat redaksi qunut nazilah yang dibaca mengikuti Hadhratusssyaikh KH M Hasyim Asy'ari sebagai berikut:

 

 

اللهم اهدني فيمن هديت ..... الخ

اللهم العن الكفرة الذين يصدون عن سبيلك, ويكذبون رسلك ويقاتلون أوليائك. اللهم اشدد وطئتك عليهم واجعل عليهم رجزك وعذابك

اللهم خالف بين كلماتهم اللهم شبت شملهم اللهم مزق جمعهم اللهم زلزل أقدامهم وانز عليهم بأسك الذي لاترده عن القوم المجرمين اللهم انظرنا وانصرنا وإخواننا المسلمين على أعدائنا 

واكشف كروبنا وكروبهم اللهم ثبت أقدامنا وأقدامهم وأهلك أعداننا وأعداءهم اللهم انصر أمة سيدنا محمد اللهم ارحم أمة سيدنا محمد

اللهم أصلح أمة سيدنا محمد وصلى الله عليه وأله وأصحابه وسلم

 

Seperti diketahui, peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia saat ini semakin tinggi. Di Jawa Timur sendiri, total ada 102.000 kasus dengan pasien sembuh 87.381, dan pasien yang meninggal dunia mencapai, 7.135. Dengan demikian kasus aktif saat ini mencapai 7.484 pasien.

F1 Promosi Iklan