Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kuatkan Khidmat untuk Umat, LAZISNU di Sidoarjo Gelar Bimtek

Kuatkan Khidmat untuk Umat, LAZISNU di Sidoarjo Gelar Bimtek
UPZIS LAZISNU MWC Porong mengadakan Bimtek Manajemen ZIS di Kampus II Unusida, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (28/03/2021). (Foto: NOJ/LYR)
UPZIS LAZISNU MWC Porong mengadakan Bimtek Manajemen ZIS di Kampus II Unusida, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (28/03/2021). (Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Menyambut datangnya bulan suci Ramadlan 1442 H, sekaligus sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas manajerial dalam tata kelola Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) secara profesional, Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infaq, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Porong, Kabupaten Sidoarjo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen ZIS yang diperuntukkan bagi Ketua, Sekretaris, dan Bendahara LAZISNU tingkat ranting se-Kecamatan Porong.

 

Bimtek kali ini mengusung tema ‘Berkhidmat Untuk Umat dengan Zakat, Infaq, Shadaqah’, dan dipusatkan di Kampus II Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) dengan mematuhi protokol kesehatan, Ahad (28/03/2021).

 

Turut hadir dalam acara pembukaan Bimtek diantaranya, Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Rektor Unusida, Pengurus Harian (PH) NU Care-LAZISNU Sidoarjo, dan Ketua MWCNU Porong beserta Badan otonom (Banom).

 

Dalam sambutannya, Wakil Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainul Arifin menuturkan, bahwa hidup, kiprah, harakahnya Nahdlatul Ulama (NU) bersumber pada LAZISNU.

 

“Dengan adanya Bimtek LAZISNU yang ada di Porong ini, saya ingin sekali ilmunya nanti ditularkan ke Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) sebelah. Kita harapkan kedepan nanti LAZISNU Porong juga mengundang LAZISNU Jabon,” tutur Kiai Zainul.

 

Sementara itu, Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo Muh Ihsan, selaku pemateri memaparkan materi manajemen kepemimpinan di LAZISNU. Menurutnya, seorang ketua LAZISNU harus bisa mengenali jamiyah atau organisasinya.

 

“Di dalam organisasi tentu kita memiliki persamaan visi dan misi untuk mencapai tujuan. Disinilah peran seorang ketua untuk mengorganisir dari seluruh SDM yang dimiliki oleh anggota yang berada di bawah kepemipinannya supaya bisa menjalankan sesuai dengan tupoksinya, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai,” paparnya.

 

Ketua pelaksana kegiatan Muhammad Chisom, menjelaskan bahwa tujuan digelarnya Bimtek ini untuk meningkatkan SDM pengurus UPZIS LAZISNU khususnya di bidang manajemen organisasi. Dijelaskannya, peserta Bimtek terdiri dari unsur Ketua, Sekretaris, dan Bendahara yang berasal dari 26 ranting se-Kecamatan Porong.

 

“Harapannya nanti, setelah kita adakan Bimtek ini ilmunya bisa bermanfaat di ranting UPZIS LAZISNU masing-masing menyongsong bulan suci Ramadlan. Panitia sengaja memilih lokasi Bimtek di kampus Unusida kebanggaan warga NU Sidoarjo, sekaligus ikut mempromosikan Unusida,” tegasnya kepada NU Online Jatim.

 

Peserta Bimtek selain mendapatkan bekal materi manajemen kepemimpinan, juga mendapatkan materi kesekretariatan dan tata kelola keuangan oleh Sekretaris dan Bendahara NU Care-LAZISNU Sidoarjo.

 

Editor : Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim