Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kurangi Pencemaran Sampah Plastik, Ini yang Dilakukan DKC Babat Lamongan

Kurangi Pencemaran Sampah Plastik, Ini yang Dilakukan DKC Babat Lamongan
Kader DKC Babat Lamongan saat bersihkan sampah. (Foto : NOJ/ Ilham).
Kader DKC Babat Lamongan saat bersihkan sampah. (Foto : NOJ/ Ilham).

Lamongan, NU Jatim Online

Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corb Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Babat Lamongan turun ke lapangan membersihkan sampah plastik di sekitar rumah, Kamis (24/09).

 

Ini dilakukan setelah mendapat Instruksi dari Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) CBP Jawa Timur untuk melaksanakan gerakan mengurangi penggunaan dan membersihkan sampah plastik selama 7 hari mulai tanggal 19 sampai 26 September 2020.

 

Tujuannya untuk membantu dalam penguraian sampah plastik dan berusaha mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan apapun. Sebab, sampah plastik membawa dampak negatif yang luar biasa bagi manusia dan lingkungan.

 

"Dampak atau bahaya sampah plastik memang sangat luar biasa diantaranya mencemarkan tanah, mengganggu polusi udara, beracun, membunuh hewan dan masih banyak lagi dampak negatifnya," ujar Bahrul Ulum Nur, Komandan DKC CBP IPNU-IPPNU Babat.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ulum juga menyampaikan cara-cara mengurangi sampah plastik. "Cara mengurangi sampah plastik adalah dengan cara seperti mengurangi penggunaan sedotan plastik, mengurangi penggunaan tisu basah itu akan menyebabkan sampah plastik berserakan," jelasnya.

 

Ia juga mengapresiasi intruksi kegiatan dari DKW CBP Jawa Timur ini, sebab dimasa pandemi Covid-19 konsumsi sampah plastik meningkat sangat tajam. "Bukan saja untuk kebutuhan konsumsi makanan yang makin membutuhkan jaminan kebersihan dan keamanan dari Civid -19, tetapi juga kebutuhan lain," pungkas Ulum.

 

Editor : Romza


Editor:
F1 PWNU Jatim