Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kurangi Pengangguran, Sekolah Ma'arif di Sidoarjo Gelar Job Matching

Kurangi Pengangguran, Sekolah Ma'arif di Sidoarjo Gelar Job Matching
Siswa menjalani intreview di ruang kelas yang digelar SMK YPM 8 Sidoarjo. (Foto: NOJ/M Kholidun)
Siswa menjalani intreview di ruang kelas yang digelar SMK YPM 8 Sidoarjo. (Foto: NOJ/M Kholidun)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Upaya mengurangi angka pengangguran dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Sosial dan Ma'arif (YPM) 8 Sidoarjo. Caranya dengan menggelar Job Matching SMK 2021 bersama PT Kayu Mebel Indonesia, di aula sekolah setempat, Sabtu (08/05/2021).

 

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas sekolah setempat, Didik Teguh Wahyudi mengatakan bahwa rekrutmen karyawan baru dilakukan menyusul informasi dari Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo (Disnaker). Bahwa disebutkan angka pengangguran tertinggi di Jatim diraih Sidoarjo. 

 

"Kepala Disnaker pernah menyampaikan ke saya kalau anak SMK di Kabupaten Sidoarjo penyumbang pengangguran terbesar di Jawa Timur,” katanya. Karena itu SMK YPM 8 Sidoarjo akan menggenjot rekrutmen karyawan baru yang nantinya disalurkan ke beberapa perusahaan di Sidoarjo, lanjutnya.

 

Rekrutmen yang dilakukan hari ini, pihak sekolah sengaja mendatangkan staf dan Human Resources Development atau HRD ke sekolah guna melakukan interview dan seleksi secara langsung.

 

"Senin dan Selasa mendatang akan langsung dipanggil ke perusahaan mebel di kawasan Krian Sidoarjo untuk pengenalan profil sekolah, dan setelah lebaran akan langsung bekerja," jelasnya.

 

Dikemukakan karena masih dalam kondisi pandemi, sementara yang dibuka di tingkat YPM dulu guna menghindari kerumunan. Dan ada sekitar 60 orang yang mengikuti kegiatan ini.

 

Ke depan pihaknya akan mendatangkan guru tamu dari beberapa perusahaan. Mereka akan memberikan penyuluhan tentang budaya bekerja. Prioritas rekrutmen karyawan baru adalah dari alumni YPM secara khusus dan SMK di Sidoarjo secara umum.

 

Namun sebelumnya akan mendatangkan ratusan rekanan perusahaan besar atau kecil untuk menjelaskan tanggung jawab dan kinerja yang bagus kepada para siswa.

 

Dengan adanya guru tamu tersebut, diharapkan ke depannya tidak ada lagi anggapan bahwa siswa SMK penyumbang pengangguran terbesar. 

 

Sementara perwakilan PT Kayu Mebel Indonesia, Agung Pradita mengatakan, siapapun yang dinyatakan lolos nantinya, secara otomatis akan didatangkan ke perusahaan dan dikenalkan cara bekerja, gaji berapa dan lain-lain.

 

"Banyak siswa yang ingin bekerja setelah lulus sekolah, tapi tidak memanfaatkan kesempatan dengan baik. Sehingga mereka terlena dengan kondisi menganggur,” keluhnya.

 

Oleh sebab itu pihak sekolah turut mencarikan pekerjaan agar setelah lulus nantinya, para siswanya bisa langsung bekerja.

 

“Jadi kalian diharapkan bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik," pungkas Agung.

 

Editor: Syaifullah 

F1 Promosi Iklan