Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kutuk Israel, NU Jatim Instruksikan Nahdliyin Baca Hizib Nashor

Kutuk Israel, NU Jatim Instruksikan Nahdliyin Baca Hizib Nashor
Wanita Palestina melewati barisan polisi Israel saat mereka meninggalkan Gerbang Damaskus ke Kota Tua Yerusalem setelah bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat, 7 Mei 2021. (Foto: Republika.co.id)
Wanita Palestina melewati barisan polisi Israel saat mereka meninggalkan Gerbang Damaskus ke Kota Tua Yerusalem setelah bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat, 7 Mei 2021. (Foto: Republika.co.id)

Surabaya, NU Online Jatim

Aksi represif aparat Israel terhadap warga Muslim Palestina yang tengah melaksanakan salat Isya dan Tarawih di Masjid Al-Aqsa di kota lama Yerussalem, Jumat (07/05/2021) malam waktu setempat, memantik kecaman banyak komunitas dunia. Tak terkecuali dari Nahdlatul Ulama, organisasi terbesar di Indonesia.

 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU)  Jawa Timur pun mengecam keras dan menyerukan pemberian sanksi internasional terhadap Israel. NU Jatim juga mengintruksikan kepada Nahdliyin di Jatim  dan mengimbau seluruh bangsa Indonesia untuk membaca Qunut Nazilah dan Hizib Nashor di sisa bulan Ramadlan tahun ini, sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina.

 

“Di akhir Ramadlan ini, saya menyerukan secara khusus kepada warga NU dan pesantren di Jatim untuk bersama melakukan gerak batin dengan membaca doa Qunut Nazilah dan Hizib, memohon pertolongan dari Allah SWT agar Palestina khususnya dan juga dunia dapat tercipta situasi yang damai,” kata Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar, Ahad (09/05/2021).

 

Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib juga mengutuk keras serangan Israel pada warga Palestina di Masjid Al Aqsa itu. Ia mendesak pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan protes keras ke PBB.

 

"Praktik-praktik kekerasan dan pelanggaran nyata terus dilakukan Israel terhadap warga Palestina seperti serangan di Masjid Al Aqsa, Nahdlatul Ulama tegas mengutuk dan mendesak pemerintah untuk melakukan protes resmi ke PBB," tegas Pengasuh Ponpes Denanyar Jombang itu.

 

Mengutip Aljazeera, aksi penyerangan dilakukan aparat Israel pada Jumat saat muslim Palestina sedang melaksanakan salat Isya sekaligus Tarawih di Masjid Al Aqsa. Lebih dari 200 Muslim Palestina dilaporkan mengalami luka-luka dalam insiden tersebut.

 

Dari rekaman video yang beredar, jemaah Al Aqsa coba melempar kursi, sepatu dan batu ke arah aparat Israel. Namun, aparat Israel itu dengan gencar melepaskan tembakan ke arah jemaah.

 

Polisi Israel menembakkan peluru logam berlapis karet dan granat setrum ke arah warga Palestina di Al-Aqsa. Setidaknya 205 warga Palestina dan 17 petugas terluka dalam bentrokan malam hari di Al Aqsa.

 

Aksi respresif Israel ini viral di media sosial. Kebrutalan aparat Israel salah satunya disampaikan akun instagram daarul_quran dengan hastag #prayForPalestina yang diunggah pada Sabtu, 8 Mei 2021. Akun resmi tersebut juga membubuhkan 10 foto yang menggambarkan peristiwa di lokasi.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan